Soal Aksi 'Tentara' Wanita di Serial 'Strike Back 6'

15 Januari 2019 13:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Alin Sumarwata 'Strike Back 6' (Foto: HBO Asia)
zoom-in-whitePerbesar
Alin Sumarwata 'Strike Back 6' (Foto: HBO Asia)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di kebanyakan film atau serial aksi yang bercerita tentang kehidupan militer, biasanya pemain pria dengan tubuh tinggi tegap yang terpilih untuk berperan menjadi tentara. Namun, tak sedikit pula yang menampilkan sosok wanita macho yang membawa senjata besar dan berat.
ADVERTISEMENT
Salah satunya seperti di serial action Cinemax terbaru yang berjudul 'Strike Back 6', yang berkisah tentang pasukan khusus Section 20 yang ditugaskan menjalankan misi investigasi. Mereka diminta mencari tahu tentang rahasia di balik kecelakaan pesawat pengebom Rusia di Laut China Selatan.
Pasukan khusus Section 20 ini memiliki anggota perempuan bernama Kopral Gracie Novin. Karakter tersebut diperankan oleh aktris Australia yang pernah tinggal di Indonesia bernama Alin Sumarwata.
Dua aktor utama di serial ini, Daniel MacPherson dan Warren Brown, kemudian angkat bicara tentang Alin Sumarwata.
"Aku pikir karakter (tentara) wanita di serial ini, mereka sama dengan kami. Mereka tidak berada lebih buruk dari kami, mereka memiliki kemampuan. Mereka juga melakukan aksi yang sama seperti kami, aksi perkelahian," kata Daniel MacPherson yang berperan sebagai Samuel Wyatt, saat kumparan berkesempatan berkunjung ke lokasi syuting 'Strike Back 6' di Johor Bahru, Malaysia, beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan itu, Warren Brown yang pernah berperan dalam film 'The Dark Knight Rises' mengaku senang bisa adu akting dengan karakter tentara perempuan. Menurutnya, semua pemain mendapatkan perlakuan yang sama, baik itu laki-laki ataupun perempuan.
Para pemain 'Strike Back' Season 6: Alin Sumarwata dan Yasemin Allen, Rabu (1/8). (Foto: Dok. HBO Asia)
zoom-in-whitePerbesar
Para pemain 'Strike Back' Season 6: Alin Sumarwata dan Yasemin Allen, Rabu (1/8). (Foto: Dok. HBO Asia)
"Poinnya itu adalah kerja sama tim. Kami, laki-laki dan perempuan beraksi bersama satu sama lain. Aku bangga bisa berada dalam pertarungan, baik sama perempuan atau laki-laki. Di mana pun tim berada, kita selalu bersama melawan para penjahat," ucapnya.
Alin Sumarwata tak menjadi satu-satunya karakter perempuan yang penting di serial 'Strike Back 6' ini. Adalah Yasemine Allen, aktris berdarah Inggris-Turki, yang baru bergabung di musim keenam ini. Ia berperan sebagai agen rahasia asal Rusia bernama Katrina Zarkova yang dikenal kejam dan memiliki loyalitas tinggi.
ADVERTISEMENT
Daniel dan Warren sepakat jika Yasemine mampu memerankan karakter Katrina Zarkova dengan baik. Menurut mereka, aktris berusia 29 tahun itu berusaha keras melatih aksen Rusianya dan bertarung mengangkat senjata.
"Yasemine luar biasa. Dia memang baru bergabung di musim ini, tapi dia bermain dengan baik, dia punya banyak keterampilan. Kamu harus melihatnya latihan berkelahi dan angkat senjata," jelas Warren.
"Dia adalah aktris yang berkualitas. Dia juga mempelajari bahasa Rusia dengan baik. Aksen Rusianya bagus, cukup baik," imbuhnya.
Selain itu, Daniel dan Warren juga memuji para pemain pendukung lain di serial 'Strike Back 6' ini. Menurut mereka, semua pihak bekerja keras untuk bisa menyuguhkan tayangan yang berkualitas.
Adegan dalam serial 'Strike Back 6' (Foto: HBO Asia)
zoom-in-whitePerbesar
Adegan dalam serial 'Strike Back 6' (Foto: HBO Asia)
Daniel dan Warren menyadari jika proses syuting serial 'Strike Back 6' tak mudah dijalani. Namun, semua pemain dan kru cukup menikmati itu semua.
ADVERTISEMENT
"Kita punya banyak pemain bagus di serial ini. Mereka benar-benar kuat, beragam, karakter penjahatnya juga menarik. Aku menikmatinya," ujar Warren.
"Kamu tahu? Ini adalah pekerjaan yang cukup melelahkan, banyak tekanan. Tapi setiap orang dari masing-masing departemen menikmati prosesnya, dan meskipun kita harus kerja sampai jam 4 pagi, kita selalu tertawa di lokasi syuting," timpal Daniel MacPherson.
Para pemain 'Strike Back' Season 6: Warren Brown, Alin Sumarwata, Yasemin Allen, dan Daniel MacPherson, Rabu (1/8). (Foto: Dok. HBO Asia)
zoom-in-whitePerbesar
Para pemain 'Strike Back' Season 6: Warren Brown, Alin Sumarwata, Yasemin Allen, dan Daniel MacPherson, Rabu (1/8). (Foto: Dok. HBO Asia)
'Strike Back' musim ke-6 bercerita tentang pengebom Rusia yang mengalami kecelakaan di Laut China Selatan. Kemudian, pasukan khusus Section 20, Thomas “Mac” McAllister (Warren Brown), Samuel Wyatt (Daniel MacPherson), dan Gracie Novin (Alin Sumarwata), dikirim untuk menjalani misi investigasi. Di sana, mereka berpapasan dengan Katrina Zarkova (Yasemin Allen), agen Rusia yang kasar dengan loyalitas yang dipertanyakan.
ADVERTISEMENT
Di bawah kepemimpinan komandan baru, Kol. Alexander Coltrane (Jamie Bamber), Section 20 mengejar barang curian dari jet Rusia di Asia Tenggara. Mereka akan bekerjasama dengan kepolisian Malaysia untuk membungkam gerombolan Triad di Kuala Lumpur.
Tak hanya itu, mereka juga akan membongkar persekongkolan korupsi seorang pengusaha wanita yang kaya asal India yang mengincar kursi Parlemen dan menjelajah hutan-hutan Golden Triangle di Myanmar, berhadapan dengan para penjual senjata yang kejam, dan tentara gerilyawan yang sadis, ketika mengungkap konspirasi yang dapat berakibat munculnya konflik global.
Serial 'Strike Back 6' akan hadir dalam 10 episode, dan mulai dapat disaksikan di Cinemax, HBO Go, dan HBO On Demand, mulai 26 Januari mendatang.