Sederet Kontroversi Vincent Raditya: Aksi Zero Gravity hingga Umbar Aib Istri

29 April 2021 9:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Captain Vincent Raditya. Foto: Instagram/@vincentraditya
zoom-in-whitePerbesar
Captain Vincent Raditya. Foto: Instagram/@vincentraditya
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Vincent Raditya, pilot yang juga merupakan seorang vlogger, tengah menjadi sorotan banyak orang. Belum lama ini, ia 'perang' dengan istrinya, Novita Condro, di media sosial.
ADVERTISEMENT
Ini bukan kali pertama Vincent membuat kontroversi yang membuat geger jagat media sosial. Berikut ini, kumparan telah merangkum beberapa kontroversi yang bikin pria berusia 34 tahun itu jadi sorotan.
Kapten Vincent mendemonstrasikan zero gravity Foto: youtube: Vincent Raditya
Di tahun 2019, Vincent Raditya melakukan aksi zero gravity menggunakan pesawat Cessna 172 miliknya. Kala itu, ia mengajak pesulap Limbad.
Ia bermaksud membuat Limbad mengeluarkan suara. Oleh karena itu, Vincent melakukan manuver zero gravity atau GForce di ketinggian 1500 kaki. Hal ini akhirnya membuat Limbad berteriak.
Aksi zero gravity Vincent berbuntut panjang. Vincent harus kehilangan linsesi terbang untuk pesawat single engine.
Berdasarkan surat yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan, ada tiga pelanggaran yang dilakukan Vincent. Pertama, Vincent membawa penumpang untuk duduk di kursi samping pilot, tapi penumpang tak menggunakan shoulder harness sebagaimana mestinya.
ADVERTISEMENT
Kedua, ia memberikan kendali pesawat pada orang yang tak berwenang. Ketiga, Vincent dengan sengaja melakukan aksi G Force pada penumpang umum.
Kontroversi Vincent Raditya dan Deddy Corbuzier. Foto: YouTube Deddy Corbuzier
Pencabutan lisensi terbang Vincent diduga bermula ketika pilot Batik Air itu berniat untuk mengajak Deddy Corbuzier berkolaborasi dalam membuat konten YouTube.
Pembawa acara 'Hitam Putih' itu sempat mengunggah video mengenai zero gravity yang dilakukan Vincent saat kolaborasi bersama Master Limbad. Namun, tak lama kemudian, video itu dihapus. Deddy juga telah meminta maaf kepada Vincent.
"Waktu itu sudah sempat dia minta maaf, saya terima dengan tulus, tahunya di belakang kita, dia mencari-cari lagi," ucap Vincent Raditya saat dijumpai di kawasan Tendean, Mampang, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Beberapa saat setelah mengutarakan permintaan maaf, Deddy Corbuzier muncul kembali di akun YouTube Cameo Project. Di sana, mereka mewawancarai Inspektur Operasi Penerbangan, Captain Renato dari DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara).
Dalam video itu, Captain Renato menjelaskan tentang kesalahan yang dilakukan oleh Vincent. Bukan hanya terkait zero gravity, tapi juga tentang aturan lain yang dilanggar seperti tidak menggunakan shoulder harness, dan memberi kendali pesawat kepada orang lain yang tak berwenang.
"Cukup kaget lah, kita punya perasaan. Kalau saya biasanya kalau sudah minta maaf ya sudah, sudah selesai gitu loh maksud saya. Tapi ternyata di belakang ada lagi," kata Vincent dalam video yang diunggah ke kanal YouTube-nya.
Setelah menyaksikan video Deddy dan Cameo Project yang bertajuk "POV - Jangan Main Main Dengan Zero Gravity" itu, Vincent berusaha untuk ikhlas.
ADVERTISEMENT
"Setelah ngelihat video itu, ya enggak apa-apa, kalau saya mah ya udah legawa saja, silakan kamu mau bikin apa saja, kita terima saja," tutur Vincent.
Melanie Subono sindir Vincent Raditya yang bikin konten dari lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Foto: Instagram Melanie Subono
Pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari lalu. Tak lama setelah berita tersebut viral, Vincent Raditya langsung mengunjungi lokasi tersebut dan membuat konten YouTube di sana.
Aksi Vincent itu dikecam oleh publik, termasuk musisi Melanie Subono. Lewat akun Instagramnya, Melanie menuliskan rasa kecewanya pada Vincent.
"Karet gelang dikasih nyawa. Bikin konten. Sesama pilot padahal. Mbo nunggu seminggu dua minggu dulu gitu bang. Mayan sih duit hasil monitize yutup nya," tulis Melanie Subono, pada 11 Januari 2021.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Vincent punya alasan sendiri mengapa ia langsung datang ke lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Ia mengaku ingin jadi relawan dalam tim regu penyelamat.
“Saya sudah berusaha mencari tahu apa yang bisa saya dapat dan saya bantu di sana tapi setelah beberapa jam enggak ada hasil yaudah saya harus kembali tanpa membawa hasil. Yang jelas saya berusaha memberikan data terkini buat teman-teman sekalian. Bagaimana memberikan data yang terbaru dan akurat yang bisa dilihat apa lagi dekat. Itu tujuan saya," katanya.
Captain Vincent Raditya dan Istrinya, Novita Condro. Foto: Instagram/@novitacondro dan @vincentraditya
Vincent Raditya kembali membuat kontroversi baru-baru ini. Ia menguak aib istrinya, Novita Condro, di media sosial miliknya.
Novita dituding Vincent telah berselingkuh dengan seorang pria yang merupakan teman Vincent. Hal tersebut diungkapkan oleh Vincent melalui postingan di akun Instagram Story miliknya.
ADVERTISEMENT
Mengetahui sang suami mengumbar aib rumah tangga mereka, Novita tak tinggal diam. Ia juga menuliskan hal yang sama soal keburukan Vincent selama berumahtangga. Salah satunya, bersikap kasar kepada Novita.
Postingan IG Story Vincent Raditya.
Novita juga membantah tudingan bahwa ia telah berselingkuh. Ia membagikan gambar yang memperlihatkan seorang perempuan tengah ketakutan karena dimarahi oleh seorang lelaki.
“Jangan menutupi kesalahan diri sendiri dengan menyalahkan /menuduh orang lain. Di sini saya tidak ada hubungan yang lebih daripada teman,” tulis Novita.
Postingan Novita kembali dibalas oleh Vincent. Melalui IG story, Vincent menegaskan bahwa pembelaan diri Novita hanya untuk menggiring opini jelek tentang dirinya.
"Lucunya setiap pembelaan itu tidak ada yang membahas perselingkuhanmu tapi malah menggiring opini tentang pembahasan yang lainnya yang di dapat dari masa belakang di mana seolah-olah membenarkan perbuatan bejatmu," beber Vincent.
ADVERTISEMENT