Mengidap Claustrophobia, Dwi Sasono Takut dengan Ruangan Sempit

20 Agustus 2018 10:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Dwi Sasono (Foto: Munady)
zoom-in-whitePerbesar
Dwi Sasono (Foto: Munady)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hampir setiap manusia di dunia ini memiliki ketakutan terhadap sesuatu. Begitu pula dengan bintang film Dwi Sasono. Di balik badannya yang tegap dan wajahnya yang terlihat sangar, ternyata pria 38 tahun itu mengidap claustrophobia alias fobia dengan ruangan yang sempit.
ADVERTISEMENT
Pemain film '5 Cowok Jagoan' tersebut baru menyadari kalau dirinya mengidap claustrophobia kala harus menjalani tes MRI, yang membuatnya harus berbaring dan masuk ke sebuah ruangan yang sempit.
"Saya langsung panik, keringat dingin. Itu baru kok, posisinya juga pas saya sudah menikah," ungkapnya kepada kumparan belum lama ini.
Suami dari Widi Mulia itu kemudian menceritakan sebuah kisah saat dirinya sedang berada di pesawat, dan tiba-tiba panik karena pesawat tersebut harus ditunda waktu keberangkatannya karena permasalahan teknis. Sementara, pintu pesawat sudah ditutup, dan Dwi duduk di bangku bagian tengah.
"Saya langsung nanya pramugarinya, 'Mbak, ini kita harus nunggu 40 menit?' 'Iya mas'. Saya nanya, 'Enggak dibuka pintunya? Gue cuma butuh udara saja gitu', tapi enggak bisa dibuka kan," kata Dwi.
Dwi Sasono  (Foto: Munady)
zoom-in-whitePerbesar
Dwi Sasono (Foto: Munady)
Ayah tiga orang anak tersebut kemudian menjelaskan kepada sang pramugari kalau dirinya mengidap claustrophobia, dan tak bisa berada di ruangan yang sempit dalam waktu lama. Setelah mendengar cerita itu, sang pramugari langsung membawakannya air es yang dipakai Dwi untuk mencuci muka.
ADVERTISEMENT
"Terus habis itu tempat dudukku juga dipindah ke yang dekat emergency exit. Jadi kan lebih lega, jadi lumayan lebih enak," ujarnya.
Banyak orang yang mendatangi psikolog untuk melakukan konseling atas fobia yang mereka memiliki. Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh pemain film 'DOA: Cari Jodoh' tersebut. Alih-alih konsultasi ke psikolog, Dwi lebih memilih untuk belajar meditasi.
"Itu kan lebih ke antar pikiran saja kan. Jadi setelah meditasi, lebih tenang. Sekarang sudah mendingan, tapi tetap masih ada saja itu rasa takutnya," tutur Dwi.
Bukan hanya takut dengan ruangan yang sempit, tapi kini Dwi Sasono juga takut dengan ketinggian. Padahal menurutnya, dulu dia adalah orang yang berani dan kerap melakukan aktivitas seperti memanjat pohon, dan naik ke atas genting rumah.
ADVERTISEMENT
"Enggak tahu kenapa sekarang jadi takut. Mungkin pada saatnya akan takut juga, faktor umur kali ya, jadi suka takut sendiri," tutup Dwi Sasono.