Membandingkan Perjalanan Karier Mandala Shoji dan Choky Sitohang

31 Agustus 2019 17:59 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Membandingkan perjalanan karier Choky Sitohang dan Mandala Shoji. Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Membandingkan perjalanan karier Choky Sitohang dan Mandala Shoji. Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mandala Shoji dan Choky Sitohang dikenal sebagai dua dari sejumlah pembawa acara yang kerap mengisi acara layar televisi Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Selain berprofesi sebagai pembawa acara dan seni peran, keduanya juga dikenal publik saat mereka memutuskan bergabung dalam sebuah partai.
Pertama, kita bahas mengenai Mandala Shoji. Nama presenter ini dikenal publik setelah ia menjadi pembawa acara di acara reality show 'Termehek-mehek' pada tahun 2008 hingga 2012.
Di acara tersebut, mandala dipasangkan dengan Cici Panda. Sebelumnya, pada tahun 2007, Mandala ikut terlibat dalam film horor garapan stephen Odang berjudul 'En6m'.
Tidak hanya itu, Mandala juga membintangi beberapa film Tanah Air seperti, 'Kuntilanak 3' pada tahun 2008, dan 'Kuntilanak Kamar Mayat' pada tahun 2009.
Lama tak terdengar kabar, Mandala shoji akhirnya kembali membawakan sejumlah realty show di salah satu stasiun televisi. Yaitu 'Bikin Mewek', 'Rumah Gratis', dan 'Titik Balik'.
Artis sekaligus politikus, Mandala Shoji bersama istrinya Maridha Deanova Safriana saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Kamis, (15/8). Foto: Ronny
Mandala Shoji menikah dengan Maridha Deanova Safriana pada tahun 2011.
ADVERTISEMENT
Aktor kelahiran Jawa Timur ini kemudian mulai memantapkan diri untuk terjun ke politik pada tahun 2014.
Sayangnya, pada Februari lalu, Mandala Shoji harus mendekam di dalam penjara akibat telah melanggar aturan pemilihan umum.
Sidang putusan calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari PAN, Mandala Abadi Shoji (kanan) alias Mandala di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Foto: Adhim Mugni Mubaroq/kumparan
Ia terbukti telah membagikan kupon umroh kepada warga saat berkampanye. Kala itu, Mandala menjadi caleg PAN untuk DPR RI.
Atas perbuatannya, PN Jakarta Pusat memberikan hukuman penjara kepada Mandala selama 3 bulan penjara, dan denda sebesar Rp 5 Juta subsider 1 bulan penjara.
Choky Sitohang Foto: Giovanni
Tidak jauh berbeda dengan Mandala Shoji, Choky Sitohang juga mengawali kariernya sebagai pembawa acara. Choky memulainya lewat program ‘Cepetan Dong’ pada tahun 2005.
Nama Choky Sitohang mulai dikenal publik, ketika ia membawakan acara 'Good Morning on The Weekend' bersama Ferdi Hasan.
ADVERTISEMENT
Kariernya sebagai presenter olahraga mulai melejit, saat membawakan ajang Euro 2008. Sebenarnya Euro 2008, bukanlah acara olahraga pertama yang dipandu Choky. Sebelumnya, ia juga pernah membawakan program 'La Liga (Spanyol)', 'FA Cup', dan 'Liga Italia'.
Selain itu, program lain yang berhasil membawa namanya banyak dikenal masyarakat adalah 'Take Me Out Indonesia' dan 'Take Him Out Indonesia', sekitar tahun 2009.
Selama berkarier sebagai presenter, Choky telah membawakan lebih dari 20 acara di televisi. Dari kariernya itu, Choky telah memenangkan penghargaan sebagai Pembawa Acara Kuis atau Game Show Terfavorit di Panasonic Gobel Awards 2010.
Sama dengan Mandala Shoji, Choky Sitohang juga ikut mencalonkan diri sebagai caleg untuk DPR RI untuk perwakilan Jawa Barat, lewat kendaraan politik Partai Perindo.
ADVERTISEMENT
Meski meraup suara yang cukup banyak pada pemilu 2019, Choky gagal duduk di bangku politik.