'Jurassic World: Fallen Kingdom': Matinya Sang Raja Tiran?

29 Juni 2017 14:16 WIB
comment
5
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jurassic World: Fallen Kingdom (Foto: Instagram @jurassicworld)
zoom-in-whitePerbesar
Jurassic World: Fallen Kingdom (Foto: Instagram @jurassicworld)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beberapa waktu lalu, pihak penggarap film 'Jurassic World' merilis judul baru sekuel film tersebut, yaitu 'Jurassic World: Fallen Kingdom' lengkap dengan tagline 'Life finds a way'. Tagline-nya sendiri adalah tanda akan kembalinya Jeff Goldblum sebagi Dr. Ian Malcolm, seorang pakar matematika yang muncul di film pendahulunya, 'Jurassic Park' dan 'The Lost World: Jurassic Park'. Ya, tagline tersebut adalah kalimat yang diucapkan Ian di film 'Jurassic Park'.
ADVERTISEMENT
Cukup dengan Jeff Goldblum, dan perhatikan judulnya. Apa arti 'Fallen Kingdom' yang sebenarnya? kumparan (kumparan.com) punya beberapa kemungkinan.
T-Rex dipensiunkan?
Melihat kata 'kingdom' pada judul sekuel mengingatkan tentang taman dinosaurus yang didirikan oleh Simon Masrani di film pertamanya. Jika kamu pernah mengakses situs web resmi 'Jurassic World' yang super interaktif itu dan melihat peta, kamu pasti pernah melihat salah satu area taman yang bernama 'Tyrannosaurus Rex Kingdom'.
T-Rex Kingdom di 'Jurassic World' (Foto: http://islanublar.jurassicworld.com)
zoom-in-whitePerbesar
T-Rex Kingdom di 'Jurassic World' (Foto: http://islanublar.jurassicworld.com)
Area yang satu ini (ceritanya) khusus menampilkan jagoan utama 'Jurassic Park' dan 'Jurassic World', yakni sang kadal tiran Tyrannosaurus Rex atau T-Rex. Sama seperti filmnya, karnivora tersebut punya area sendiri dan masih menjadi dinosaurus utama yang dibanggakan pihak penggarap film.
ADVERTISEMENT
Menurut www.masraniglobal.com, virtual website yang diciptakan penggarap 'Jurassic World', dalam sejarah film ada empat T-Rex yang ditampilkan, yaitu Rexie ('Jurassic Park' dan 'Jurassic World'), Buck ('The Lost World: Jurassic Park' dan 'Jurassic Park III'), Doe ('The Lost World: Jurassic Park'), dan Junior ('The Lost World: Jurassic Park'). Rexie adalah T-Rex betina tertua dan pertama yang diciptakan oleh InGen, perusahaan bio-engineering yang didirikan John Hammond untuk menghidupkan kembali yang punah dengan mengkloning makhluk-makhluk tersebut dan mengeksposnya di taman hiburan bernama Jurassic Park.
Pesona 'nenek' yang satu ini tidak pernah padam sejak penampilan perdananya di tahun 1993. Selama 22 tahun, tepatnya hingga 2015, kehadirannya masih membuat penikmat 'Jurassic Park' terkesima. Terutama saat ia muncul dari kegelapan seperti di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Rexie di 'Jurassic World' (Foto: YouTube)
zoom-in-whitePerbesar
Rexie di 'Jurassic World' (Foto: YouTube)
Tapi, Universal Pictures selaku rumah produksi punya target sendiri. Mereka ingat, bahwa penikmat film pasti berubah dari masa ke masa. Untuk merangkul pasar yang lebih luas, pihak penggarap film menghadirkan terobosan baru di 'Jurassic World', yaitu Indominus Rex, dinosaurus jenis baru yang diciptakan oleh gabungan DNA berbagai hewan.
Indominus Rex hadir lebih sadis dan lebih gahar dengan tingkat agresinya yang tinggi. Tampilannya juga lebih 'kekinian' dari Rexie. Namun, bak kembali ke akar, Indominus Rex dimatikan di akhir film, menjadikan Rexie sebagai ratu tiran yang tak terkalahkan.
Namun, apakah pesonanya akan mampu bertahan hingga sekuel 'Jurassic World'? Apakah pihak penggarap film punya dinosaurus jenis lain yang lebih menjanjikan? Apakah sang ikon akan dipensiunkan dan dimatikan? Mengingat 'Tyrannosaurus Rex Kingdom' hanya memiliki seekor T-Rex betina saja?
ADVERTISEMENT
Akhir kejayaan dinosaurus di muka bumi?
Adegan T-Rex di film 'Jurassic Park' (Foto: Wikimedia Commons)
zoom-in-whitePerbesar
Adegan T-Rex di film 'Jurassic Park' (Foto: Wikimedia Commons)
Di 'Jurassic Park', Rexie dengan bangga mengaum lengkap dengan spanduk bertuliskan 'When Dinosarus Rules the Earth' yang jatuh di hadapannya. Adegan tersebut seakan menandakan bahwa dinosaurus kembali berjalan di muka bumi, tapi tidak ingin beriringan dengan manusia. Meski tidak mengusai seluruh dunia, tapi John Hammond selaku CEO InGen mempersilakan dinosaurus-dinosaurus ciptaannya untuk menguasai pulau tempat mereka dilahirkan, Isla Sorna dan Isla Nublar.
Merujuk pada 'Fallen Kingdom', apa mungkin sekuel 'Jurassic World' ini bercerita soal jatuhnya kerajaan dinosaurus di bumi? Bisa jadi, 'Jurassic World: Fallen Kingdom' menjadi pengantar untuk melengkapi trilogi 'Jurassic World' dengan memperlihatkan bagaimana dinosaurus-dinosaurus tersebut menginvasi bumi dan perlahan-perlahan punah untuk kedua kalinya.
ADVERTISEMENT
Untuk mempermudah pemikiran kamu, kita buat singkat saja. Isla Nublar, tempat taman Jurassic World dibangun adalah kerajaan atau kingdom. Dan Isla Nublar kembali ke masa saat Jurassic Park gagal dibuka untuk pertama kali. Gabungkan dengan tagline 'In one year, life finds a way'. The kingdom falls again for the second time.
Taman dinosaurus adalah kerajaan yang akan selalu gagal
Karena 'Jurassic World: Fallen Kingdom' adalah film kedua dari trilogi 'Jurassic World', tidak heran jika filmnya akan lebih gelap dan menyeramkan dibanding film-film yang sebelumnya. Sang aktor utama, Chris Pratt, adalah orang pertama yang mengungkapnya.
"Filmnya akan lebih dalam dan lebih tegang. Aku rasa, filmnya akan hadir dalam versi yang lebih menyeramkan. Lebih gelap dan lebih berkembang dengan menghadirkan cerita tak terduga yang belum pernah kau bayangkan sebelumnya," ujar pemeran Owen Grady tersebut.
ADVERTISEMENT
Tahun lalu, selain lebih tegang dan menyeramkan, Colin Trevorrow selaku sutradara 'Jurassic World' juga sempat mengungkap bahwa 'Jurassic World: Fallen Kingdom' akan lebih memfokuskan cerita pada hubungan antar manusia dan dinosaurus.
Dan lagi-lagi, taman dinosaurus akan selalu gagal untuk dibuka dan menghadirkan teror. Teori tentang dinosaurus dan manusia tidak akan bisa hidup bersama sudah dibuktikan sebanyak dua kali. Dr. Alan Grant juga sudah mengatakannya di film pertama.
Di 'Jurassic World', aktor B.D Wong yang berperan sebagai Dr. Henry Wu kembali bertanggung jawab atas ciptaan-ciptaannya, salah satunya Indominus Rex. Mungkin saja, kehadiran Dr. Ian Malcolm di film kedua 'Jurassic World' mampu menghentikan Henry Wu dan InGen yang masih kekeuh untuk menghidupkan kembali dinosaurus? Tidak ada yang tahu.
ADVERTISEMENT
Yang jelas, film besutan J.A Bayona ini akan kembali menampilkan Chris Prat, Bryce Dallas Howard, B.D. Wong, James Cromwell, Ted Levine, Toby Jones, Rafe Spall, Justice Smith, dan Daniella Pineda. 'Jurassic World: Fallen Kingdom' rencananya akan tayang 22 Juni 2018.
Balik lagi, kemungkinan-kemungkinan ini hanyalah spekulasi berdasarkan fakta-fakta yang ada. Bagaimana menurut kamu? Berikan pendapatmu di kolom komentar!