Garasi Bakal Rilis Lagu Baru Tahun Depan

15 Desember 2017 19:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Garasi Band (Foto: Instagram @garasiband_reunion)
zoom-in-whitePerbesar
Garasi Band (Foto: Instagram @garasiband_reunion)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Garasi kembali berkarya. Terakhir kali membuat album pada 2011 silam, band yang beranggotakan Higin Ayuga (vokal), Wembri Arlistha (bass), Aries Budiman (drum), dan Fedi Nuril (gitar) akan kembali ke belantika musik Tanah Air pada 2018 mendatang.
ADVERTISEMENT
Kembalinya Garasi disampaikan langsung oleh Fedi ketika ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (15/12). Pria berusia 35 tahun itu mengatakan, grup musik yang dibentuk pada tahun 2005 lalu tersebut akan mengeluarkan single pada tahun depan.
"Insya Allah. Kami mau mulai tahun depan. Tapi belum tentu full album ya, mungkin dimulai dari single dulu," kata Fedi.
Namun, pemain film 'Ayat-Ayat Cinta' itu menjelaskan, jika mendapatkan banyak ide, maka kemungkinan Garasi tak hanya mengeluarkan single, tetapi juga album.
"Kami lihat lagi keadaan industri musik tahun depan seperti apa. Dan lihat seberapa produktif kami. Kalau ide berdatangan secara banyak dan cepat, mungkin bisa full album. Tapi kalau memang idenya keluar dikit-dikit ya mungkin single dulu," tutur Fedi.
Fedi Nuril (Foto: Andre Josua/kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Fedi Nuril (Foto: Andre Josua/kumparan)
Lantas apa yang membuat Garasi akhirnya memutuskan untuk kembali ke belantika musik Tanah Air?
ADVERTISEMENT
"Di saat boyband, girlband lagi hits, sepertinya memang agak susah untuk mencuat di permusikan Indonesia. (Belum lagi ada) bajakan. Intinya, pemasukan untuk musisi itu jadi susah. Sedangkan, kami untuk produksi album memang enggak murah. Makanya kami settle down dulu. Kami lihat situasinya seperti apa," ucap Fedi.
"Dan di saat sekarang sudah ada streaming musik yang sepertinya orang akses lebih mudah dan orang benar-benar punya hak memilih yang mau dia dengar apa, musisi jadi bisa lebih idealis. Dan kami merasa mungkin sudah waktunya untuk kembali lagi," lanjutnya.
Fedi mengatakan, Garasi selalu membuat lagu sendiri. Sehingga, pada saat dimainkan, lagu itu bisa terasa lebih jujur. Mereka pun tidak akan menggandeng musisi lain dalam pembuatan lagu.
ADVERTISEMENT
"Biasanya kalau kami bikin (lagu) sendiri, waktu dimaininnya itu terasa lebih jujur dan memang kami tahu persis apa yang mau kami sampaikan. Kami belum merasa ada keperluan untuk menggandeng musisi lain," ujar Fedi.
Keputusan Fedi bermain band juga didukung oleh sang istri, Vanny Widyasasti. "Karena aku di rumah itu tetap main gitar, main piano. Kalau memang mau jalan lagi (main band), dia (istri) seneng. Karena dia tahu aku tuh juga suka banget musik. Apalagi udah beli alat mahal-mahal dipakai dong, masa taruh di kamar doang," ungkapnya lantas tertawa.
Setelah fokus bermusik pada Garasi, Fedi mengaku akan menghentikan aktivitas syuting untuk sementara waktu. "Nah itu mau enggak mau harus memilih sih karena kalau dijalanin bareng itu jadwal cenderung susah. Jadi memang memilih untuk setop syuting dulu biar bisa fokus ke lagu," ucapnya.
Fedi Nuril (Foto: Munady)
zoom-in-whitePerbesar
Fedi Nuril (Foto: Munady)
Pada awalnya, Garasi memiliki vokalis bernama Ayu Ratna. Namun, pada tahun 2009, ia dinyatakan mundur sebagai vokalis grup musik Garasi.
ADVERTISEMENT
Album pertama Garasi dikeluarkan pada 2006 lalu bertepatan dengan film Garasi dirilis. Pemasaran album mereka dibantu oleh Indra Lesmana, Abdee Slank, dan Anang. Album Garasi diproduksi oleh Miles Music.