Bukan Cuma Game of Thrones, 7 Film Ini Juga Punya Naga

22 Mei 2019 19:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Naga di film-film Foto: Grafik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Naga di film-film Foto: Grafik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu makhluk mitologi yang populer di seluruh dunia adalah naga. Hewan yang kerap kali digambarkan berukuran besar, berwajah bak kadal, bergigi runcing, dan memiliki sayap itu juga mampu menyemburkan api dari mulutnya.
ADVERTISEMENT
Hewan magis ini juga sering menjadi karakter penting dalam sebuah film. Seperti dalam beberapa film di bawah ini. Yuk, disimak!
Adegan dalam film 'DragonHeart' Foto: IMDb
Film pertama dalam daftar ini adalah film keluaran tahun 1996, yakni 'DragonHeart'. Film yang disutradarai oleh Rob Cohen ini dibintangi oleh Dennis Quaid, Sean Connery, Davis Thewlis, dan lain-lain.
Film ini berkisah tentang seekor naga bernama Draco yang membagi hatinya dengan seorang bocah yang terluka bernama Einon. Dengan janji, bahwa Einon akan memerintah lebih adil daripada sang ayah. Namun, yang terjadi justru Einon memerintah dengan lebih keji.
Bowen sang dragonslayer bermaksud untuk membunuh Draco. Namun, yang terjadi, keduanya justru menjadi satu tim untuk menyelamatkan kerajaan dari sang raja yang jahat.
ADVERTISEMENT
Film bergenre aksi, fantasi, dan petualangan ini pernah masuk dalam nominasi Academy Awards untuk kategori Best Visual Effects.
'DragonHeart' pun hadir lewat dua film lainnya, yaitu 'Dragonheart: A New Beginning' (2000) dan 'Dragonheart 3: The Sorcerer's Curse' (2015).
Naga jenis Hungarian Horntail di film 'Harry Potter and the Goblet of Fire' Foto: Giphy
Dalam dunia sihir Harry Potter kita tidak jarang menemukan binatang aneh bin ajaib, termasuk naga. Hewan yang satu ini termasuk menjadi highlight dalam film 'Harry Potter and The Goblet of Fire' yang tayang tahun 2005.
Harry harus menyelesaikan misi pertama dalam turnamen Triwizard. Bersama peserta lainnya, Harry harus melawan seekor naga untuk mendapatkan telur emas. Telur inilah yang memegang kunci untuk tantangan berikutnya.
Adapun naga yang didapat Harry Potter adalah naga betina jenis Hungarian Horntail. Jenis ini merupakan salah satu jenis naga yang paling berbahaya. Dia berbentuk seperti kadal dengan sisik hitam, mata kuning, dan tanduk perunggu.
ADVERTISEMENT
Adegan dalam film 'Eragon' Foto: IMDb
Pada tahun 2006, film 'Eragon' dirilis. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Christopher Paolini. Stefen Fangmeier didaulat menjadi sutradara film tersebut.
Film ini bercerita tentang Eragon, seorang anak laki-laki yang sedang mencari makanan. Kemudian, ia melihat sebuah batu berpendar muncul. Eragon membawanya pulang dengan harapan bisa ditukar dengan makanan. Ternyata, seekor naga menetas dari batu tersebut.
Naga yang dirawat Eragon diberi nama Saphira. Aktris Rachel Weisz didaulat untuk menjadi pengisi suara Saphira. Namun sayang, film ini kurang mendapat hasil yang baik di mata publik.
Adegan dalam film 'Dragon Wars: D-War' Foto: YouTube.com
Film selanjutnya yang melibatkan naga adalah 'D-War'. Film asal Korea Selatan ini tayang pada tahun 2007. Film ini menghadirkan pertarungan antara dua ekor naga, yakni The Good Imoogi dan The Evil Buraki.
ADVERTISEMENT
Jack (Robert Forster) memberikan sebuah tugas besar kepada Ethan (Jason Behr) untuk melindungi Yeouiju. Yeouiju adalah individu yang memiliki kemampuan untuk mengubah Imoogi menjadi seekor Naga Langit (naga China pada umumnya).
Belasan tahun berlalu, muncul seekor naga jahat, Buraki, yang muncul di kota Los Angeles, AS. Buraki ingin menangkap Sarah (Amanda Brooks) yang ternyata adalah Yeouiju yang harus Ethan lindungi.
Smau di film 'The Hobbit: The Desolation of Smaug' Foto: IMDb
Film ke-2 'The Hobbit', 'The Desolation of Smaug', memperkenalkan kita pada seekor naga besar bernama Smaug. Ia digambarkan sebagai naga yang serakah, kuat, dan jahat.
Sekelompok dwarfs melalukan pencarian untuk merebut kembali kerajaan mereka, Erebor. Kerajaan ini diinvasi oleh Smaug 150 tahun sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Para dwarfs ini tidak sendiri. Mereka dibantu oleh seorang Hobbit bernama Bilbo Baggins dan seorang penyihir, Gandalf.
Di film pertama 'The Hobbit', Smaug hanya terlihat bagian kaki, sayap, ekor, dan mata. Barulah di film ke-2 ini, kita melihat sosok Smaug yang menyeramkan itu. Aktor Benedict Cumberbatch didaulat sebagai pengisi suara. Sayangnya, di film ke-3 film 'The Hobbit', 'The Battle of The Five Armies', Smaug mati terbunuh.
Toothless di film 'How To Train Your Dragon' Foto: IMDb
Sosok naga yang ditampilkan dalam film animasi ini mungkin mengubah pandanganmu terhadap hewan yang satu ini. Sebab, dalam film tiga film 'How To Train Your Dragon', sosok naga bernama Toothless tampil menggemaskan.
Toothless diklasifikasikan dalam spesies Night Fury. Dia mampu menyamar dalam kegelapan karena kulitnya yang hitam, namun memiliki mata kuning menyala nan tajam.
ADVERTISEMENT
Kepribadian, penampilan, dan perilaku Night Fury merupakan kombinasi beberapa hewan. Sebut saja, kucing, panther, anjing, kuda, kelelawar, kangguru, ular, dan burung pemangsa. Kerja sama antara Toothless dan Hiccup, pemiliknya, membuatmu ingin memiliki seekor naga sebagai hewan peliharaan.
Agustus 2016, Disney merilis film berjudul 'Pete's Dragon'. Film bergenre fantasi, drama, komedi, dan adventure ini diangkat dari animasi musikal dengan judul yang sama di tahun 1977.
Film ini bercerita tentang seorang anak yatim piatu bernama Pete yang berteman dengan seekor naga. Naga berbulu hijau dengan mata kuning tersebut diberi nama Elliot oleh Pete.
Elliot diketahui merupakan naga yang fierce. Dia juga disebut sebagai Millhaven Dragon karena tinggal di hutan di Millhaven, Pacific Northwest.
ADVERTISEMENT