'Baracas', Sebuah Komunitas Pria Patah Hati

21 Maret 2017 15:08 WIB
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Film 'Baracas' melakukan promo (Foto: Dok MAX Pictures)
Pidi Baiq, seorang penulis novel 'Dilan' sekaligus vokalis band The Panas Dalam, kini mencoba hal baru lagi. Ia menggarap film perdananya yang berjudul 'Baracas' dan menduduki kursi sutradara.
ADVERTISEMENT
'Baracas', singkatan dari Barisan Anti Cinta Asmara, menceritakan sekelompok pria patah hati yang membuat suatu komunitas antiperempuan. Pemeran utama untuk film perdana Pidi ini dimeriahkan oleh Ringgo Agus Rahman, Budi Doremi, Ajun Perwira, Stella Cornelia, dan Tika Bravani.
Ringgo Agus Rahman mendapatkan peran utama sebagai Agus dalam film garapan Pidi tersebut. Ia mengaku senang gala premier filmnya itu dilangsungkan di kota kelahirannya, Bandung, dan dihadiri juga oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.
"Senang karena akhirnya ada premier di Bandung karena sebelumnya cuma nonton bareng tapi ini ada premier," ujar Ringgo saat ditemui di Gala Premier 'Baracas' di Cihampelas Walk XXI, Bandung, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Karakter Ringgo sebagai ketua Baracas tentu bertolak belakang dengan kehidupan aslinya. Dalam film, Ringgo berperan sebagai Agus yang pernah ditolak cintanya oleh perempuan yang sudah ia sayangi selama bertahun-tahun. Tapi di dunia nyata, Ringgo sudah memiliki rumah tangga sendiri dan diberkahi satu anak.
Saatt ditemui di gala premier, Ringgo bercerita bahwa dulu sebelum menjalani rumah tangga bersama Sabai Dieter Morscheck, ia melakukan semua sendirian. Pemain film 'Jomblo' ini pun mengaku sering mendapat penolakan dari kaum hawa.
"Rasanya tuh lebih parah daripada rangking terakhir di kelas. Kalau saya rangking terakhir terus naik itu kan enggak apa-apa. Tapi kalau lagi sayang-sayangnya terus dibilang terlalu baik kan sebal," ujarnya dengan nada agak tinggi.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, Ringgo melampiaskan emosinya lewat film 'Baracas' bersama pujangga-pujangga patah hati lainnya. "Gue tuh memilih kurang ajarnya bareng-bareng (bersama pemain lain) untuk ngomong ke para wanita yang udah pernah menyakiti," ucapnya dengan nada bercanda.
Dapat Pujian Ridwan Kamil
Ridwan Kamil Puji Pidi Baiq untuk Film 'Baracas'
'Baracas' mengambil Kota Bandung sebagai latar tempat film tersebut. Niat ini disambut baik oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang mengizinkan mereka untuk mengeksplorasi kotanya untuk pengambilan gambar.
Kang Emil, begitu sapaannya, mengaku senang dengan film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman itu karena 'Baracas' menceritakan anak muda dan set-nya berada di Bandung. Ia pun juga merasa penasaran dengan film tersebut karena dikerjakan oleh seorang Pidi Baiq.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat kejeniusan ayah (Pidi Baiq) di musik udah tahu kan, di buku juga. Sekarang (kita lihat) di film," ucapnya.
Ridwan Kamil dan pemain film 'Baracas'. (Foto: Prabarini Kartika/kumparan)
Kreativitas seorang Pidi Baiq di mata wali kota itu sangat dipuji oleh Kang Emil. Hingga, ada kalimatnya yang dikutip di kolong jembatan di Kota Bandung. Itu semua hanya karena modal kreativitas yang menurut Kang Emil itu keren.
Sebagai pelopor untuk antara anak muda dan Kota Bandung untuk film 'Baracas', Kang Emil tengah menyiapkan Kota Bandung sebagai 'Movie-Making Friendly City'.
"Kota yang ramah, ada tempat sejarah, ada tempat romantis. Jadi setting di sini sebenarnya lengkap ya," katanya.
Promo film 'Baracas' dengan konvoi (Foto: dok MAX Picuters)
Ia pun mengatakan bahwa jika ada yang mengirim proposal untuk pembuatan film di Kota Bandung, akan dibantu dari segi produksi. Kang Emil akan bantu untuk memberiman modal untuk biaya produksi dan biaya penginapan hingga bisa digratiskan.
ADVERTISEMENT
"Kurang lebih begitu tapi dengan syarat-syarat tertentu," ucapnya.
Untuk yang penasaran dengan komunitas pria patah hati yang dipimpin oleh Ringgo ini, 'Baracas' akan tayang di bioskop mulai tanggal 23 Maret mendatang.