5 Penyanyi Indonesia yang Berkolaborasi dengan Musisi Internasional

9 April 2019 15:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Listicle Penyanyi Indonesia yang Kolaborasi dengan Penyanyi Internasional. Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan.
zoom-in-whitePerbesar
Listicle Penyanyi Indonesia yang Kolaborasi dengan Penyanyi Internasional. Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Demi menghasilkan karya musik yang berbeda, sejumlah penyanyi Indonesia memilih untuk berkolaborasi dengan musisi lain, baik lokal maupun Internasional.
ADVERTISEMENT
Lima musisi di bawah ini pun juga aktif berkolaborasi. Beberapa di antaranya bahkan ada yang mengajak musisi dari Amerika Serikat hingga Asia, untuk berkolaborasi dalam menghasilkan karya yang segar. Simak daftarnya:
1. Agnez Mo
Penyanyi Agnez Mo saat hadir di konferensi pers konser Sikat Habis di SCBD Sudirman, Jakarta. Foto: Ronny
Nama Agnez Monica sudah sangat terkenal di industri hiburan Indonesia sejak era 90-an. Mulanya berkarier sebagai artis cilik, Agnez menjelma menjadi idola remaja di era 2000-an, berkat kepiawaiannya bernyanyi dan berakting.
Agnez sempat mendapat kehormatan untuk menjadi host di ajang penganugerahan American Music Awards 2010. Sejak saat itu, ia pun terlihat ketagihan berkarier di luar negeri.
Agnez Monica kini telah menjelma menjadi Agnez Mo, dan sering berkolaborasi dengan musisi Amerika Serikat.
Agnez diketahui pernah berkolaborasi dengan Timbaland dan T.I menelurkan lagu 'Coke Bottle'. Ia juga duet dengan Chris Brown dan Juicy J di lagu 'Overdose' yang amat populer di kalangan pecinta musik.
ADVERTISEMENT
2. Dipha Barus
DJ Dipha Barus Foto: Niken Nurani/kumparan
Pernah menjadi personel grup musik Agrikultur, Dipha Barus memang lebih populer sebagai DJ dan produser musik EDM. Ia diketahui pernah berkolaborasi dengan banyak penyanyi Indonesia, termasuk Kallula, Monica Karina, dan Raisa.
Awal tahun 2019, Dipha merilis single '1999' yang merupakan karya kolaborasinya dengan dua artis mancanegara sekaligus, Charli XCX dan Troye Sivan.
Lagu tersebut memang ditulis oleh Charli dan Sivan. Namun, Dipha bertugas untuk me-remix lagu tersebut.
Dipha merupakan satu dari sembilan DJ yang dipercaya Charli dan Sivan untuk me-remix karya mereka. Selain Dipha, ada pula beberapa DJ, termasuk R3HAB, Alphalove, dan EASYFUN.
3. Rizky Febian
Rizky Febian di kumparan. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Rizky Febian merupakan anak dari komedian Sule. Namun, ia memang meniti karier seorang diri di dunia tarik suara sejak 2011.
ADVERTISEMENT
Meski tergolong baru, Rizky telah berkali-kali memenangkan penghargaan bergengsi, termasuk 'Breakthrough Artist of the Year' di Indonesian Choice Awards 2016.
Rizky pun sempat berduet menyanyikan lagu 'Indah Pada Waktunya' dengan seorang penyanyi asal Singapura bernama Aisyah Aziz. Lagu kolaborasi pertama Rizky dengan artis mancanegara tersebut dirilis pada 2018.
Bukan cuma merilis single, Rizky dan Aisyah juga terlibat dalam penggarapan web series yang tayang di Youtube. Web series mereka bertahan selama 6 episode dan ditonton oleh lebih dari 500 ribu orang.
4. Bunga Citra Lestari
Bunga Citra Lestari Foto: Munady
Kini, Bunga Citra Lestari atau BCL semakin terkenal sebagai aktor film layar lebar. Namun, ia memang juga piawai bernyanyi dan pernah beberapa kali menelurkan album solo.
ADVERTISEMENT
Jika Rizky Febian berkolaborasi dengan penyanyi asal Singapura, Aisyah Aziz, maka BCL sempat berduet dengan penyanyi asal Filipina, Christian Bautista, pada 2007. BCL bersama Christian merilis single berjudul 'Tetaplah di Hatiku'.
Hingga saat ini BCL dan Christian masih berteman baik. BCL bersama suaminya, Ashraf Sinclair, bahkan hadir di pernikahan Christian pada November 2018 lalu.
5. Maudy Ayunda
Maudy Ayunda Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Maudy Ayunda terkenal sebagai salah satu artis Indonesia yang amat cerdas. Kini, ia bahkan tengah berkuliah di Oxford University, Inggris.
Bukan cuma pintar, Maudy juga selalu memiliki prestasi di industri hiburan. Salah satunya adalah kolaborasi dengan David Choi, penyanyi yang terkenal berkat karya-karyanya di YouTube.
Maudy dan David menelurkan karya bertajuk 'By My Side' pada 2014. Lagu itu amat populer dan video klip-nya telah ditonton oleh lebih dari 1,1 juta orang.
ADVERTISEMENT