Ultah ke-20, Starbucks Indonesia Targetkan Layani 1 Miliar Pencinta Kopi

18 Mei 2022 11:05 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Perayaan 20th Anniversary Starbucks Indonesia. Foto: Dok. Starbucks Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Perayaan 20th Anniversary Starbucks Indonesia. Foto: Dok. Starbucks Indonesia
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tepat 20 tahun, yakni pada 17 Mei 2022, Starbucks hadir untuk pertama kalinya di Indonesia. Membuka gerai pertamanya di Plaza Indonesia, yang kini dikenal dengan Starbucks Reserve.
ADVERTISEMENT
Sebagai salah satu tempat ngopi populer di Indonesia, Starbucks kini telah berkembang bersama lebih dari 4.000 partners di lebih dari 480 gerai di 36 kota. Anthony McEvoy, pemimpin PT
Sari Coffee Indonesia (SCI) mengatakan bahwa sudah banyak tantangan yang mereka lalui selama dua dekade terakhir. Terlebih di masa pandemi yang turut berdampak pada gerai kopi asal Amerika tersebut.
"Tantangan yang sama kami juga merasakan. Namun kami terus berkembang, berinvestasi, melakukan inovasi, dan terus mencoba menjadi kuat. Sehingga kami tetap akan memperluas dengan rencana membuka gerai di 10 kota baru. Jadi, saya pikir peluang baru untuk kita akan selalu tubuh di Indonesia, berkontribusi untuk ekonomi dan komunitas kita di sini," terangnya dalam sesi "Exclusive Interview with The Leader of Starbucks Indonesia Anthony McEvoy” Selasa (17/5) di Starbucks PI, Jakarta Pusat.
Perayaan 20th Anniversary Starbucks Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta. Foto: Dok. Starbucks Indonesia
Lebih lanjut Anthony McEvoy mengungkapkan, untuk mencapai target-target tersebut Starbucks global didukung oleh sembilan pusat pertanian kopi di seluruh dunia. Di Indonesia mereka bekerja sama dengan petani lokal, salah satunya di Berastagi, Sumatera Utara.
ADVERTISEMENT
Dia juga melihat bagaimana potensi kopi Sumatera, yang menurutnya 20 tahun lalu belum terlalu dikenal. Hingga kini, biji kopi Sumatera menjadi komoditas kopi terbaik dari Indonesia, yang bahkan rasanya sudah dikenal hingga ke gerai mereka di seluruh dunia.
Starbucks merupakan merek gerai kopi di Seattle yang sudah beroperasi 50 tahun, kendati di Indonesia kini mencapai 20 tahun. Anthony McEvoy menuturkan bahwa sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak puluhan tahun, menjadi penting untuk mereka terus melakukan inovasi. Bahkan ini menjadi salah satu strategi kunci gerai kopi komersial tersebut.
Perayaan 20th Anniversary Starbucks Indonesia di Plaza Indonesia, Jakarta. Foto: Dok. Starbucks Indonesia
"Selalu berusaha berinovasi menjadi pelajaran penting bagi kami. Jadi, selalu mencoba produk baru, konsep baru, desain baru. Seperti contoh, di Bali kami membuka Starbucks Dewata Coffee Sanctuary, yang mana pengunjung bisa melihat proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir, dan menikmati kopi berkualitas kami secara langsung," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, ia juga menyebutkan strategi kuat dalam membangun komunitas mereka, dengan membuka gerai Starbucks Community Store Tanah Abang.
"Jadi saya pikir strategi sebenarnya adalah inovasi terus-menerus, tidak pernah tetap sama, tidak pernah menerima bahwa semuanya baik-baik saja karena selalu ingin berubah dan tumbuh," sambungnya.
Maka itu, di ulang tahun yang ke-20 mereka juga menargetkan untuk menyentuh 1 miliar orang pada tahun 2030 di Indonesia. Sementara, pencapaian pada 2021 Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program (SCYEP) telah menyentuh 1.250 siswa, dan menjanjikan bahwa program ini akan tetap berkelanjutan.
Perayaan 20th Anniversary Starbucks Indonesia luncurkan tas dan tumbler edisi khusus, Jakarta. Foto: Dok. Starbucks Indonesia
Dalam kesempatan yang sama, mereka pun berencana menyumbangkan 40.000 bibit kepada petani kopi di Sumatera untuk mendukung masa depan kopi Indonesia, yang akan berlangsung pada 1 Oktober dalam rangka memperingati Hari Kopi Sedunia di tahun ini.
ADVERTISEMENT
Terakhir, di hari jadi mereka kali ini juga meluncurkan menu edisi khusus bertemakan ulang tahun. Ada birthday cake frappuccino, dengan dua varian; yakni white chocolate dan tiramisu dengan twinkle topping warna-warni. Mereka pun meluncurkan tumbler 20th aniversary bertema siren wave dengan nuansa hijau yang khas sejak 9 Mei lalu.