Tips Menjaga Higienitas Makanan untuk Donasi di Tengah Masa Pandemi Corona

28 Maret 2020 14:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi mencuci sayuran.  Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci sayuran. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di tengah masa pandemi virus corona, kita harus saling bahu membahu untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Salah satu kegiatan sosial yang dilakukan saat masa pandemi ini adalah dengan memberikan donasi makanan; mulai untuk mereka yang membutuhkan hingga tenaga medis yang sedang bekerja keras melawan COVID-19.
ADVERTISEMENT
Bila kamu adalah salah satu orang yang sedang menggagas pemberian makanan gratis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait higienitas.
Dalam diskusi "Donasi Makanan dalam Menghadapi Covid-19", Chef Degan Septoadji memaparkan bahwa kita (para penyedia makanan) harus benar-benar bersih dan higienis.
“Kalau kita gunakan bungkusnya misalnya dari styrofoam harus yang baru jangan bekas. Kemudian, itu harus di-shield (dibungkus) dengan benar, dengan rapi,” ungkap Chef Degan dalam diskusi live dari kantor Graha BNPB, Jakarta (28/3) yang disiarkan di YouTube BNPB.
Ia juga menjelaskan bahwa sebaiknya yang menyediakan makanan harus sering cuci tangan.
“Pakai sarung tangan juga. Harus pake masker kalau bisa rambut ditutup topi khusus di dapur,” jelasnya.
Chef Degan juga berkisah bahwa di tempatnya, mereka punya reminder setiap jam.
ADVERTISEMENT
“Satu jam sekali dai ring, berhenti semuanya cuci tangan dulu. Cuci tangan kita harus minimum 20 detik dengan sabun. Air mengalir. Jadi itu sangat penting,” tambah Chef Degan.
com-Ilustrasi mencuci tangan dengan air mengalir Foto: shutterstock
Ia juga menyoroti soal alat-alat yang dipakai untuk masak. “Kalau bisa alat-alah yang kita pakai juga dibersihkan setiap saat. Jangan sampai dari awal hingga akhir pakai alat yang sama, enggak dibersihin. Itu sangat penting,” katanya.
Terakhir, Chef Degan juga menekankan pada proses pengantaran makanan hingga sampai ke tangan penikmatnya.
“Supir harus sering cuci tangan atau paling tidak pas diantar pakai sarung tangan dan masker. Dan harus sediakan di mobil, sanitizer. Siapa saja yang antar makanan juga harus punya sanitizer di mobil,” kata Chef Degan.
ADVERTISEMENT
Jadi, pastikan niat baikmu juga terlaksana dengan tepat, ya! Yuk, bahu membahu untuk melawan COVID-19.