Sebelum Makan Steak, Yuk Ketahui Perbedaan Daging Sirloin dan Tenderloin

24 Oktober 2020 16:57 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Grilled sirloin. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Grilled sirloin. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi para pemula, baik yang ingin mengonsumsi atau mengolah steak, penting untuk mengetahui potongan-potongan umum daging. Rasa dan tekstur sajian steak akan berbeda tergantung potongan daging.Hal ini juga memengaruhi lama waktu memasak, serta bumbu yang harus digunakan.
ADVERTISEMENT
Namun, ada dua jenis potongan daging paling populer dalam sajian steak yaitu sirloin dan tenderloin. Kedua potongan steak ini selalu hadir dalam menu steak yang disediakan di restoran.
Namun, masih banyak yang belum paham soal perbedaan dari kedua jenis daging ini. Dan, manakah yang lebih enak? Makanya yuk, simak rangkuman kumparan berikut.

Daging sirloin

Australian sirloin ala Holycow. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Potongan daging sirloin menjadi salah satu pilihan favorit penikmat steak. Sirloin, atau dikenal sebagai daging has luar, adalah potongan yang berasal dari bagian bawah iga sapi. Walau masih merupakan potongan steak yang nikmat, sirloin memiliki tekstur yang sedikit lebih keras ketimbang tenderloin.
Ini karena letaknya dekat dengan pinggul sapi — menyebabkan tekstur daging menjadi lebih alot. Daging sirloin juga mengelilingi bagian tenderloin dan terdiri dari otot-otot aktif yang digunakan untuk bergerak. Lantaran hal tersebut saat memasak sirloin membutuhkan waktu lebih lama daripada mengolah tenderloin.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, potongan daging ini memiliki cita rasa lebih gurih karena terdapat lemak yang menyelimuti di pinggirannya. Harganya juga jauh lebih terjangkau daripada tenderloin, sehingga sirloin dapat menjadi pilihan terbaik saat pengin menikmati steak.

Daging tenderloin

Menu oven baked tenderloin dari JS Luwansa Hotel Foto: Toshiko/ kumparan
Tenderloin merupakan bagian daging sapi yang diambil dari tubuh belakang sapi — yang dekat dengan ekor. Daging ini lebih rendah lemak dan bebas otot ketimbang sirloin, sehingga memiliki tekstur lembut, atau tender, setelah diolah.
Hal tersebut yang membuat potongan daging yang dikenal sebagai fillet mignon ini menjadi lembut dan tidak alot. Cara mengolahnya pun lebih mudah dan cepat, wajar kalo potongan daging ini menjadi pilihan favorit buat pemasak steak pemula. Kadar lemaknya yang rendah membuat daging ini juga cocok untuk kamu yang sedang berdiet namun tetap ingin menyantap steak nikmat.
ADVERTISEMENT
Nah, setelah mengetahui perbedaan keduanya, kamu dapat memilih steak tepat sesuai selera. Bagaimana, jadi kamu lebih suka sirloin atau tenderloin?
Reporter: Natashia Loi