Panduan Akhir Pekan: 7 Tempat Bukber untuk Reunian di Jakarta

25 Mei 2019 18:49 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Panduan Akhir Pekan: Bukber nan Instagramable Foto: Sabryna Putri Muviola/Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Panduan Akhir Pekan: Bukber nan Instagramable Foto: Sabryna Putri Muviola/Kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Buka bersama atau bukber, sepertinya sudah menjadi agenda wajib saat bulan Ramadhan. Bukan hanya karena ingin makan bareng saja, tapi momen ini dipilih sebagai waktu tepat untuk bertemu kembali dengan teman, saudara jauh, keluarga, ataupun rekan kerja di kantor terdahulu.
ADVERTISEMENT
Nah, jika kamu salah satu yang suka mengadakan ataupun mengikuti bukber, biasanya kamu pilih tempat seperti apa sih? Jika sedang enggak ada ide, boleh lho intip rekomendasi akhir pekan ala kumparan berikut ini. Selain punya makanan enak, sederet tempat bukber ini juga miliki spot yang instagram approve!
1. Wyl's Kitchen
Menu Iftar Wyl’s Kitchen Foto: Azalia Amadea/kumparan
Ramadhan kali ini, Wyl's Kitchen menghadirkan sajian buffet yang beragam dan menarik. Ada 15 jenis hidangan nasi dari berbagai daerah di Indonesia. Secara bergantian pula, nasi-nasi itu akan dihidangkan setiap harinya.
Ada nasi srondolan, nasi jenggo bali, nasi janda kembang, nasi manjo manado, nasi kapau padang, nasi ulam, nasi krangseng, nasi bebek ireng, nasi gudeg jogja, dan masih banyak lagi. Untuk Wyl’s Kitchen Pakubuwono buffet Ramadhannya dibanderol Rp 225 ribu ++ (dewasa) dan Rp 115 ribu ++ (anak-anak).
ADVERTISEMENT
Bukan hanya aneka sajian yang menggugah selera, di restoran dengan nuansa serba putih ini juga punya spot untuk foto cantik. Apalagi, di sisi luarnya ada kolam renang dan taman yang bisa dijadikan tempat foto agar reunian kamu lebih memorable.
Wyl's Kitchen
Alamat: Veranda Hotel, Jalan Kyai Maja, Jl. Kebayoran Baru No.63, RT.6/RW.2, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130.
Jam buka: 06.00 - 23.00 WIB.
2. Lara Djonggrang
Udang balado ala Lara Djonggrang Foto: Kartika Pamujiningtyas/Kumparan
Restoran unik di Menteng ini juga bisa lho, jadi tempat bukber untuk reunian. Dengan suasana yang berbeda, sambil menunggu makanan, kamu bisa foto-foto dulu. Soalnya, interiornya menarik banget, dengan nuansa Jawa yang kental serta area restorannya juga luas.
ADVERTISEMENT
Sementara menunya tak kalah menarik, lho. Ada sederet makanan khas Tanah Air yang pasti sudah nyaman di lidahmu. Sebut saja, udang balado yang pedas nan gurih atau sate platter yang berisi; sate lilit, sate ayam, sate udang, dan sate tempe.
Lara Djonggrang
Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.4, RT.3/RW.2, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350.
Jam buka: 11.00 - 01.00 WIB.
3. Teh O Beng
Menu di Cafe Teh O Beng - kopitiam Jalan Cipete Raya, Jakarta Selatan, (22/3). Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Teh O Beng adalah restoran berkonsep kopitiam yang ada di Cipete, Jakarta Selatan. Restoran yang baru buka tahun ini mengusung konsep modern. Di lantai satunya, berjejer sofa dengan bantal warna-warni, dan interior minimalis yang kekinian. Sementara di lantai dua, didominasi warna-warna pastel dengan interior yang chic, namun tetap homey.
ADVERTISEMENT
Layaknya kedai kopitiam lain, menu khas peranakan masih jadi andalan Teh O Beng. Mulai dari nasi lemak, laksa, nasi hainan, roti sarikaya, hingga roti jala dengan kuah kari. Sebagai penutup, jangan lewatkan menu roti john jumbo. Semua menunya dibanderol dengan harga di bawah Rp 50 ribu, lho. Terjangkau kan, buat bukber reunian?
Teh O Beng
Alamat: Jalan Cipete Raya No. 12 A, Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka:
Senin-Kamis: 10.00-22.00 WIB
Jumat-Sabtu: 09.00-23.00 WIB
Minggu: 09.00-22.00 WIB
4. Kaum
Menu Kaum x Arumdalu Farm: Nasi Goreng Tempe Asap Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Nah, kalau kamu mau bukber di restoran Indonesia yang kekinian, coba deh ke Kaum. Restoran ini punya nuansa modern dengan elemen serba kayu. Tempatnya juga luas, cocok banget buat kalian yang datang bersama rombongan reunian. Terdapat juga spot foto cantik buat kenang-kenangan pas bukber bareng teman lama.
ADVERTISEMENT
Untuk menu makanannya sudah jelas khas Nusantara. Menunya ada nasi goreng, udang bakar madu, kepiting soka, sate, bebek goreng, soto ayam, tongseng, bobor bayam, dan masih banyak lagi.
Harga menunya berkisar Rp 50- 200 ribuan. Bukan sembarang masakan khas Nusantara, Kaum mengklaim menggunakan bahan-bahan lokal berkualitas agar rasanya autentik.
Kaum
Alamat: Jl. Dr. Kusuma Atmaja No. 77-79, Thamrin, Jakarta Pusat.
Jam buka: 11.00 - 24.00 WIB.
5. Cafe One Restaurant
Menu Ramadhan Wyndham Casablanca Foto: Istimewa
Restoran yang berada di Wyndham Casablanca ini punya sederet menu buka puasa khas Nusantara. Sebagai pembuka; ada kolak, bubur ketan hitam, hingga es campur yang menyegarkan. Sedangkan menu utamanya; yakni sup buntut dan soto mi khas Bogor. Makanan itu tersaji dalam paket spesial Ramadhan dengan harga Rp 325 ribu++ per orang.
ADVERTISEMENT
Ruang restorannya terbagi menjadi dua; ada di area indoor dan outdoor. Di bagian outdoor restoran, kamu bisa menjumpai aneka gerobak tradisional yang menjajakan hidangan tak kalah menggoda. Ada bakmi jawa, kambing guling, hingga gorengan yang tak boleh ketinggalan saat berbuka puasa.
Cafe One Restaurant
Alamat: Jl. Casablanca No.Kav. 18, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870.
Jam buka: 18.00 - 23.00 WIB.
6. Relish Bistro
Beragam menu makanan saat blogger gathering di Relish Bistro. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kafe yang dibuka pada pertengahan Maret 2018 itu, mengusung tema industrial-minimalis dengan sentuhan botanical bersuasana sejuk dan tenang. Ada tiga area yang bisa kamu pilih; seperti indoor dining, area bar, hingga swimming poll. Ketiganya bisa dijadikan spot instagramable buat foto pas reunian, lho.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Relish Bistro juga menawarkan aneka menu bertema pan-asian atau internasional yang akan memanjakan lidah. Cobalah chicken avocado steak, healthy salad ala Relish, classic tomato soup ala Relish Bistro, dan crusty herb salmon. Menunya dibanderol Rp 55 ribu - Rp 200 ribuan. Tertarik mencoba?
Relish Bistro
Alamat: Jl. Menteng Raya No. 60, RT.3/RW.9, Menteng, Jakarta Pusat, 10340.
Jam buka: Minggu-Kamis (06.00-23.00 WIB), Jumat-Sabtu (06.00-00.00 WIB)
7. Plataran Dharmawangsa
Udang saus durian Plataran Dharmawangsa. Foto: Dok. Plataran Dharmawangsa
Kalau tempat yang satu ini sih pasti sudah enggak asing lagi buat kamu, bukan? Bernuansa rumah Jawa, Plataran Dharmawangsa bisa dibilang tempat favorit buat reunian, apalagi bukber. Nuansa restorannya yang tradisional namun elegan, pas banget nih buat foto-foto cantik bareng teman.
ADVERTISEMENT
Sementara, untuk rasa makannya juga sudah terjamin deh. Ramadhan kali ini Plataran Dharmawangsa punya menu; udang saus durian, nasi kebuli king prawn, fried shirataki, hingga minuman segar es tebu lemon. Semua menu itu dapat dinikmati secara ala carte. Bisa juga memesan menu paket Ramadhan seharga Rp 215 ribu. Menarik ya?
Plataran Dharmawangsa
Jl. Dharmawangsa Raya No.6, RT.4/RW.2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka: 11.00 - 22.00 WIB.
Itulah tadi, beberapa rekomendasi tempat bukber reunian buat kamu. Selamat bukber!