Kaesang, Gibran, dan Chef Arnold Buka Restoran Rice Bowl Rasa Lokal

21 Juli 2019 11:01 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
(KI-KA) Randy, Gibran, Arnold, dan Kaesang di pembukaan Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
zoom-in-whitePerbesar
(KI-KA) Randy, Gibran, Arnold, dan Kaesang di pembukaan Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sore itu sekitar jam 15.00 WIB, mendadak Jalan Tanjung Duren Raya, Jakarta Barat penuh sesak, macet dimana-mana. Oh, rupanya restoran bertuliskan 'Mangkok Ku' penyebabnya. Ya, restoran milik kedua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep itu baru saja membuka cabang pertamanya.
ADVERTISEMENT
Kedua kakak-beradik itu memang sudah tak asing lagi di dunia kuliner. Tak main-main, kini keduanya menggandeng Arnold Poernomo yang dikenal sebagai juri dalam kompetisi memasak di salah satu stasiun televisi.
Usahanya kali ini diberi nama Mangkok Ku. Menurut Chef Arnold, lucunya, niat utama berkenalan dengan Kaesang bukanlah ingin membuka usaha kuliner bersama. Melainkan, Presiden Joko Widodo meminta Kaesang untuk belajar mengelola bisnis dengan Arnold.
"Saya sudah lebih dulu kenal Gibran waktu di Surabaya. Sampai suatu saat Pak Jokowi minta saya untuk mengajarkan Kaesang cara mengelola bisnis kuliner. Jadi, Kaesang disuruh kerja di restoran saya. Saya sempat bingung dan deg-degan, katanya Presiden mau datang. Eh, akhirnya kita malah kerjasama," ungkap laki-laki berusia 30 tahun itu saat dijumpai kumparan, Sabtu (20/7).
Gibran, Arnold, dan Kaesang di Pembukaan restoran Mangkok Ku (ki-ka) Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Mungkin itu yang dinamakan sudah jodohnya. Kini keempatnya --ditambah satu orang pemilik lainnya yakni Randy Julius-- Mangkok Ku hadir untuk menyuguhkan pilihan makanan baru bagi masyarakat Indonesia. Dengan tagline 'bersih, merakyat, dan nikmat nyata.'
ADVERTISEMENT
Lalu, seperti apa rasa hidangan di Mangkok Ku?
Tak membuang kesempatan, kami pun mencoba salah satu menu yang dijagokan yaitu mangkok brisket spicy sauce. Makanan seharga Rp 51 ribu ini disajikan hangat dalam mangkuk tanah liat berwarna krem.
Brisket spicy sauce Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tampak ada daging tipis-tipis di atas nasi putihnya. Menggunakan daging brisket yang banyak lemak, rasa daging didominasi asin, gurih, dan manis. Sementara, rasanya diperkaya dengan sambal cukup pedas yang melimpah di atas dagingnya.
Tak lupa, dihiasi pula dengan taburan irisan daun bawang, dan caramelized onion. Cocok untuk si pecinta makanan pedas.
Selain itu, Mangkok Ku juga punya menu rice bowl lainnya; seperti mangkok brisket onion sauce with onsen egg, mangkok ox-tongue dabu, mangkok crispy chicken, mangkok fire fried chicken, serta mangkok omu egg (soft scrambled) sausage mayo. Menu tersebut dibanderol berkisar Rp 19-54 ribu per porsinya.
Varian menu lainnya di Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Menu dengan onsen egg jadi ciri khas di restoran ini. Arnold menjelaskan, onsen egg pada dasarnya sama dengan telur rebus, hanya saja dimasak dengan teknik steam bersuhu 62 derajat selama satu jam menghasilkan putih telur yang 'luber' --tidak keras layaknya direbus biasa.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya itu, rice bowl di Mangkok Ku juga mengusung konsep cita rasa lokal. Yang mana hadir sambal khas Indonesia; seperti dabu-dabu dan bawang. Konsep rice bowl ala Indonesia ini juga dipadukan dengan cita rasa Asia lainnya sehingga nyaman di lidah masyarakat Tanah Air.
Tak hanya makanan, Ternakopi --salah satu bisnis Kaesang yang lebih dulu hadir-- juga bisa ditemukan di Mangkok Ku. "Kan Mangkok Ku ini juga punya saya, kebetulan saat direncanakan belum ada vendor minumannya. Jadi, hadir juga Ternakopi sebagai pilihan minuman," ujar Kaesang.
Ternakopi di Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Khusus di Mangkok Ku, Kaesang menghadirkan varian minuman Ternakopi Bailey's namun tanpa alkohol. Hanya rasanya saja yang mirip dengan brand minuman beralkohol itu.
ADVERTISEMENT
Selain menu khusus, varian Ternakopi lainnya juga bisa dinikmati di Mangkok Ku. Ada gula jawa, mint, hazelnut, vanilla, taro, alpukat, karamel, cokelat, green tea, dan original.
Saat ini, Ternakopi telah memiliki 12 gerai di Jakarta. Minuman ini berbahan dasar cold brew yang menggunakan perpaduan kopi dari Aceh serta salah satu daerah di Indonesia timur --yang dirahasiakan Kaesang.
Sensasi kopinya terasa kuat, rasanya manis, namun diklaim tetap aman di lambung. Harga yang ditawarkan yakni Rp 20 ribu per botolnya. Kaesang juga mengungkapkan, tahun ini Ternakopi akan melebarkan sayap hingga 1.000 titik di seluruh Indonesia.
Randy, Gibran, Arnold, dan Kaesang di Pembukaan restoran Mangkok Ku (ki-ka) Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sementara untuk Mangkok Ku, Arnold membeberkan berencana akan membuka 12 outlet. Gibran menambahkan dalam sambutannya, hingga tahun depan akan ada tiga outlet baru.
ADVERTISEMENT
"Manajemen akan menambah tiga outlet lagi tahun depan. Biar lebih agresif, kami juga akan ada brand-brand baru yang masih di bawah payung Mangkok ku. Dan, kami enggak membuka franchise," tutupnya.
Mangkok Ku
Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.359c, RT.7/RW.3, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470.
Jam buka: 11.00 - 22.00 WIB.