Ini Syarat Espresso yang Bagus dan Enak untuk Campuran Kopi Menurut Barista

8 September 2022 10:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi membuat espresso. Foto: Melly Meiliani/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat espresso. Foto: Melly Meiliani/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Espresso bagai sebuah jantung bagi secangkir kopi. Kehadirannya sebagai dasar minuman yang dapat diolah menjadi berbagai sajian kopi nikmat, sebut saja latte, cappuccino, hingga es kopi susu. Ternyata, ada syarat khusus dalam menghasilkan espresso yang bagus dan enak untuk diminum menurut barista.
ADVERTISEMENT
Espresso merupakan dasar dalam membuat aneka macam minuman kopi. Espresso dibuat dengan metode menyeduh air menggunakan tekanan tinggi dan bubuk kopi yang sudah digiling sesuai dengan ukuran kehalusan guna menciptakan satu shot konsentrat. Kemudian barulah ekstrak kopi ini diolah menjadi berbagai kopi favorit kamu.
Dalam penyajiannya, ternyata ada syarat yang wajib dimiliki dari espresso. Hal itu guna mendapatkan rasa serta tekstur yang baik. Sehingga kamu bisa mendapatkan rasa kopi dengan kualitas yang enak saat diminum.
Yessylia Violin selaku juara Indonesia Barista Championship 2022, membagikan syarat espresso yang bagus dan baik untuk diminum. Syarat espresso yang bagus menurut standar barista ternyata terletak pada krema.
Ilustrasi espresso dengan lapisan krema. Foto: Kopi Kenangan
“Syarat espresso yang baik menurut standar yang ada maupun kompetisi adalah kremanya harus masih ada. Di cup itu juga tidak boleh keliatan liquid yang terlalu tebal. Kenapa bisa jadi seperti itu? Karena kopinya sudah lama serta ekstraksinya terlalu encer. Nah, nanti krema itu akan menjadi tipis,” ungkap Yessy yang kumparanFOOD temui dalam Common Grounds Media Gathering dan Visit to the Roastery di PIK, Jakarta Utara, Selasa (6/9).
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang belum tahu, krema merupakan lapisan bak busa keemasan yang ada di permukaan atas espresso. Tidak dimiliki oleh sembarang kopi, krema hanya ada pada espresso. Lapisan ini memiliki tekstur yang lembut dan kental. Sehingga dapat diolah menjadi berbagai menu minuman kopi yang biasa kamu konsumsi.
Yessylia Violin dalam Common Grounds Media Gathering dan Visit to the Roastery di PIK, Jakarta Utara, Selasa (6/9). Foto: Monika Febriana/kumparan
Selain itu, Yessy juga memberi tahu bahwa terdapat syarat espresso yang baik untuk di minum. Keseimbangan antara masing-masing rasa menjadi kunci espresso yang baik menurut standar kopi yang ada.
“Syarat espresso yang baik untuk diminum tentunya memiliki rasa yang seimbang. Mungkin kalau orang awam, espresso memiliki rasa yang sangat kuat. Namun bagi juri, espresso yang diminum harus memiliki rasa yang seimbang antara manis, asam, dan pahit. Not over powering each others,” jelas Yessy.
ADVERTISEMENT
Meskipun Yessy memberikan sedikit bocoran tentang rasa espresso kelas kompetisi, bukan berarti kamu tidak bisa mencoba membuatnya, ya. Justru ini menjadi trik dan tips buat kamu agar bisa membuat espresso berkelas ala barista profesional. Selamat mencoba!
Reporter: Monika Febriana