Di Australia Ada Sajian Kopi Brokoli, Inikah Tren Minuman Sehat Selanjutnya?

28 November 2020 14:55 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kopi brokoli  Foto: Dok. Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kopi brokoli Foto: Dok. Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kopi dengan campuran buah --seperti lemon atau alpukat-- atau air kelapa memang cukup ngetren. Hal ini muncul seiring dengan berkembangnya gaya hidup ngopi yang lebih sehat. Inovasi pun berlanjut, hingga kini ada sajian kopi brokoli. Hmm, kamu bisa bayangkan rasanya?
ADVERTISEMENT
Mengutip Health, konsep kopi brokoli ini dikembangkan oleh organisasi penelitian Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), dan Hort Innovation. Para ilmuwan membuat bubuk brokoli untuk mengatasi gizi buruk dan permasalahan limbah makanan.
"Dengan meningkatnya tren pola makan sehat secara menyeluruh, petani Australia selalu mencari cara untuk mendiversifikasi produk mereka dan mengurangi limbah, sambil memenuhi permintaan konsumen," kata kepala eksekutif Hort Innovation John Lloyd dalam siaran pers yang diterima Health.
“Produk bubuk sayuran ini terbuat dari brokoli utuh, dan diproduksi menggunakan kombinasi dari proses pra-perawatan dan pengeringan pilihan, untuk mempertahankan warna alami, rasa, dan komposisi nutrisi brokoli segar,” tambahnya.
Puree brokoli untuk MPASI bayi Foto: Shutterstock
Para peneliti mengusulkan penggunaan bubuk brokoli dalam berbagai makanan dan minuman —termasuk secangkir kopi pagi. Dua sendok makan bubuk setara dengan satu porsi penuh sayuran, cara yang lebih mudah untuk memasukkan sayuran ke pola makan sehari-hari.
ADVERTISEMENT

Bubuk brokoli baru diujikan ke satu kafe

Proses mencampurkan bubuk brokoli dalam kopi juga cukup mudah —kamu tinggal mengaduk satu atau dua sendok makan bubuk ke dalam latte. Dan, voila! Latte brokoli atau "broccolatte" siap diminum.
Sayangnya, bubuk ini belum beredar di pasaran. Mengutip Science Alert, para ilmuwan baru memutuskan untuk mengujinya di sebuah kafe di Melbourne, Commonfolk, dengan hasil tinjauan yang beragam. Walau merupakan cara yang bagus untuk memasukkan beberapa sayuran hijau ke dalam diet sehari-hari, para pecinta kopi mungkin masih menolak ide ini.
Ilustrasi brokoli jelek Foto: Dok. Pixabay
Orang-orang yang paling eksperimental sekalipun mungkin merasa agak sulit untuk mencicipi rasa brokoli. Namun, terlepas dari reaksi terhadap brocolatte ini, konsep bubuk brokoli ini merupakan inovasi baik untuk mengurangi limbah —untuk menggunakan sayuran 'jelek' yang mungkin tidak laku di toko bahan makanan.
ADVERTISEMENT
Jadi, bagaimana menurutmu, apakah sajian kopi brokoli ini akan jadi tren minuman sehat selanjutnya?
Reporter: Natashia Loi