Baik Dikonsumsi saat Sahur, Ini 5 Makanan yang Bantu Cegah Naiknya Asam Lambung

25 April 2020 17:49 WIB
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Melon. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Melon. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika menjalani puasa Ramadhan, kita harus menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Tak jarang, kondisi perut yang kosong selama hampir seharian bisa memicu gangguan naiknya asam lambung. Sebab, tak ada makanan yang bisa diproses oleh cairan lambung.
ADVERTISEMENT
Naiknya asam lambung bisa menimbulkan rasa sakit dan tak nyaman pada perut. Untungnya, ada sederet makanan yang bisa membantu mencegah naiknya asam lambung selama berpuasa.
Selain itu, berbagai makanan ini juga bisa menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sahur.
Berikut telah kumparan rangkum, lima makanan yang bisa mencegah naiknya asam lambung saat berpuasa, di antaranya:

1. Buah pisang

Ilustrasi Pisang Foto: Shutterstock/Baibaz
Buah pisang mengandung senyawa basa yang berfungsi melawan asam. Kadar pHnya sebesar 5,6 --yang mendekati netral. Dengan begitu, buah ini bisa membantu meredakan penyakit asam lambung.
Bukan itu saja, pisang juga kaya akan serat yang bisa meningkatkan kinerja sistem pencernaan, dan mempercepat 'arus' makanan menuju pencernaan. Makanan yang terlalu lama terjebak di dalam usus dapat memicu peningkatan asam lambung.
ADVERTISEMENT

2. Oatmeal

Oatmeal Foto: Shutterstock
Tak cuma bisa praktis disantap sebagai menu sahur, oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik. Kandungan serat tersebut tak hanya meningkatkan kesehatan pencernaan saja, tapi juga bisa mengurangi konstipasi.
Dilansir Healthline, pola makan tinggi serat ini bisa menurunkan risiko peningkatan asam lambung. Oatmeal juga berfungsi menciptakan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga bisa membuat tubuh tetap bugar dan antilemas saat berpuasa.

3. Sayuran hijau

Bayam Foto: Pixabay
Konsumsi sayuran hijau selama menjalani puasa Ramadan tak hanya membantu memenuhi nutrisimu, tapi juga bisa mencegah kenaikan asam lambung.
Jenis sayuran hijau seperti asparagus, bayam, atau kale mengandung alkalin tinggi, yang baik bagi perut dan sistem pencernaan. Kandungan gula dan lemaknya pun rendah, sehingga bisa membantu mengurangi kadar asam lambung.
ADVERTISEMENT

4. Yoghurt

greek yoghurt Foto: Shutter Stock
Sama seperti buah pisang, yoghurt juga memiliki efek menenangkan, yang bisa membantu mengusir rasa tak nyaman pada perut. Olahan susu ini juga mengandung probiotik, jenis bakteri baik yang ditemukan di pencernaan, dan berfungsi meningkatkan sistem imun.
Bukan itu saja, yoghurt merupakan sumber protein yang baik, sehingga bisa membantu meningkatkan kemampuan mencerna makanan dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi yoghurt saat sahur sebagai menu penutup atau dessert, agar asam lambung tetap stabil kala berpuasa.

5. Melon

Melon. Foto: Shutter Stock
Buah bercita rasa menyegarkan ini mengandung kadar alkalin yang tinggi, dan menjadi sumber magnesium yang baik. Magnesium banyak ditemukan di berbagai obat untuk menyembuhkan gejala asam lambung.
Kadar asamnya pun sangat rendah, dengan kandungan pH sebesar 6,1. Bahkan, melon kaya akan serat yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Puasa pun tetap lancar, deh.
ADVERTISEMENT