Bagaimana Mengenali Susu yang Sudah Tidak Segar Lagi?

1 Juli 2019 9:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi  susu Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi susu Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bukan rahasia lagi, kalau susu menawarkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Sebaliknya, segelas susu tersebut tidak akan menawarkan manfaat untuk kesehatan jika sudah basi atau tidak segar lagi. Alih-alih menyehatkan, menegak segelas susu yang tidak segar atau basi malah bisa memberikan masalah lain bagi kesehatan.
Di antara ragam jenis susu, salah satu yang mudah cepat basi adalah susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi sendiri mengalami proses pemanasan yang rendah sehingga umurnya lebih singkat dibanding jenis susu lain.
Untuk memperpanjang umur susu pasteurisasi, kamu harus menyimpannya di dalam lemari pendingin dengan suhu berkisar empat hingga enam derajat celcius.
"Susu pasteurisasi bisa juga dibiarkan di luar lemari pendingin, tapi dalam waktu enam jam saja. Lebih dari enam jam, maka kandungan susunya bisa rusak," kata Darmanto Setyawan, Head of Dairy Manufacturing - SEA, PT. Greenfields Indonesia kepada kumparan, di Pabrik Greenfields, Palaan, Malang, Kamis (27/6).
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Darmanto juga menyebut bahwa proses penyimpanan susu pasteurisasi di dalam lemari pendingin (jika sudah dibuka) bisa bertahan hingga tiga hari. Sedangkan jika belum dibuka, bisa bertahan hingga 40 hari.
Memasak susu Foto: Shutterstock
Lalu, bagaimana cara mengenali susu yang sudah basi atau tidak segar lagi?
Kerusakan susu biasanya terjadi karena beberapa penyebab, salah satunya karena pertumbuhan mikroorganisme. Pertumbuhan mikroogranisme itu terlihat dari beberapa ciri, pertama dia (mikroba) menghasilkan gas sehingga kemasan susunya akan kembung dan berbusa.
"Kedua, ketika mikroba ini berkembang dia akan menghasilkan asam sehingga produk susunya akan terasa lebih asam atau kecut. Istilah ini biasanya disebut basi," tambah Darmanto.
Selanjutnya, susu yang sudah tidak segar atau basi juga terlihat dari baunya. Hal ini menurut Darmanto disebabkan karena protein yang ada di dalam susu dikonsumsi oleh mikroba, sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang menimbulkan bau tidak enak.
ADVERTISEMENT
"Yang terakhir, tekstur susu akan berubah lebih kental atau menggumpal," tutup Darmanto.
Itulah beberapa tips mengenali susu yang sudah basi atau tidak segar lagi. Intinya, susu akan mudah rusak tergantung bagaimana cara kamu menyimpannya.