Atasi Cegukan hingga Kontrol Gula Darah, Simak 5 Manfaat Cuka Putih

26 Januari 2020 12:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi cuka Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cuka Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cuka putih atau cuka masak biasa dipakai sebagai penambah rasa asam pada makanan. Bumbu masak ini disukai karena rasa asamnya yang lebih kuat. Dua atau tiga tetes saja masakan sudah terasa asam nan menyegarkan.
ADVERTISEMENT
Rupanya, cuka putih tak hanya berguna sebagai bumbu masakan, lho. Komponen asam asetat di dalamnya memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut soal manfaat cuka putih, yuk, simak ulasan yang telah kumparan rangkum berikut ini;

1. Mengontrol gula darah

Ilustrasi diabetes Foto: dok.shutterstock
Mengutip penelitian Diabetes Research and Clinical Practice tahun 2017, mengonsumsi cuka putih dapat mengurangi kadar gula dan insulin usai makan. Sifatnya yang mampu memperlambat pencernaan, bermanfaat dalam mengontrol glukosa dalam darah.
Bahkan dalam Journal of Diabetes and Endocrinology tahun 2013 menemukan, mereka yang rutin mengonsumsi cuka putih 15 mililiter per hari selama sebulan, terbukti gula darahnya menurun secara signifikan.

2. Menjaga berat badan

Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Dalam jurnal Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan bahwa, mengonsumsi cuka putih dapat menahan rasa kenyang lebih lama. Hal ini terjadi karena cuka memperlambat laju kerja lambung, sehingga menyebabkan berkurangnya asupan kalori yang bermanfaat baik untuk manajemen berat badan agar tetap stabil.
ADVERTISEMENT
Begitu pula pada jenis cuka yang terbuat dari buah hawthorn, yang dalam Journal of Food and Nutrition Research terbukti efektif menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram pada mereka yang rutin mengonsumsinya selama sebulan.

3. Menurunkan kolesterol

Ilustrasi cuka putih Foto: dok.shutterstock
The British journal of Nutrition menemukan, adanya penurunan tingkat kolesterol pada tikus yang diberi cuka. Ini masih berkaitan dengan penelitian soal manfaat cuka putih yang dapat menjaga berat badan pada poin sebelumnya.

4. Antimikroba

Ilustrasi mikroba Foto: Pixabay/mmmccc
Selain itu, penelitian dalam jurnal PLoS One menemukan, kalau cuka putih memiliki sifat antimikroba. Untuk itu, cuka putih bisa digunakan sebagai pengobatan jamur pada kuku, kutil, dan infeksi di telinga. Bukan cuma itu saja, cuka putih juga efektif untuk mengatasi infeksi kulit serta luka bakar.
ADVERTISEMENT

5. Menghilangkan cegukan

Ilustrasi perempuan cegukan. Foto: Shutterstock
Cegukan memang sangat mengganggu, dan sulit dihilangkan. Eits, kamu enggak perlu khawatir lagi, soalnya cuka putih juga bermanfaat untuk menghilangkan cegukan, lho. Bahkan, masyarakat di Jepang sudah sejak lama menggunakan cuka putih sebagai obat alami untuk mengatasi cegukan, dikutip dari Live Strong.
Penelitian dalam Journal of Palliative Medicine, juga membuktikan bahwa penggunaan 0,1 mililiter cuka dalam suntikan intranasal, dapat menghilangkan cegukan pada pasien kanker usai kemoterapi.