5 Sayuran Kuning untuk Atasi Kelelahan Hingga Obati Sembelit

29 Juli 2019 9:17 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Sayuran Kuning Foto: Shutterstock/Lisa A
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sayuran Kuning Foto: Shutterstock/Lisa A
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tak hanya membuat sayuran terlihat lebih menarik, ternyata warna yang ada pada sayuran menandakan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Seperti sayuran kuning yang mengandung antioksidan, vitamin, hingga komponen penambah kesehatan lainnya.
ADVERTISEMENT
Pada artikel ini, kumparan akan membahas lima jenis sayuran kuning yang kaya akan manfaat. Apa saja, ya?
1. Jagung
Ilustrasi jagung Foto: dok.shutterstock
Sayuran berwarna cerah ini menjadi bahan pokok di banyak negara. Ia dikemas dengan vitamin A, B, E, hingga mineral. Bahkan, bijinya mengandung serat tinggi yang bisa membantu tubuh mencegah masalah pencernaan; seperti sembelit, wasir, hingga kanker kolorektal.
Tak hanya itu, biji jagung juga mengandung phytochemical --sejenis senyawa yang berperan aktif dalam mencegah berbagai penyakit. Kabarnya, kandungan phytochemical pada jagung juga bisa menghentikan karsinogen, dan membantu menghilangkan segala perubahan sel, seperti kanker.
2. Labu kuning
Labu kuning untuk MPASI Bayi Foto: Shutter stock
Kedua ada labu kuning. Sayuran yang memiliki nama ilmiah Cucurbita moschata ini juga kaya manfaat, karena mengandung; vitamin A, B6, C, folat, magnesium, serat, fosfor, hingga kalium.
ADVERTISEMENT
Labu kuning juga kaya akan mangan --sejenis mineral yang bisa membantu menguatkan tulang, dan membantu tubuh memproses lemak serta karbohidrat.
3. Kentang
Kentang Foto: Pixabay
Kentang menjadi salah satu sayuran favorit, karena mudah diolah menjadi beragam hidangan lezat; seperti kentang goreng, perkedel, hingga donat.
Salah satu alasan sayuran yang memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum ini baik untuk tubuh adalah jumlah kalori sangatlah rendah. Selain itu, kentang juga kaya akan; niacin, asam pantotenat, vitamin C dan B6, mangan, hingga fosfor.
Kandungan fosfor pada kentang sangat penting bagi tubuh. Zat ini diperlukan untuk menjaga struktur membran sel, dan memproduksi energi.
4. Bit kuning
Ilustrasi Bit Kuning Foto: Shutterstock/Julie deshaies
Selama ini kita mengenal bit merah keunguan. Namun, pada 2014 lalu perusahaan grosir multinasional asal Inggris, Tesco, memperkenalkan bit kuning.
ADVERTISEMENT
Dinamai Burpee Golden, bit kuning ternyata lebih bergizi dan memiliki rasa yang lebih manis daripada bit ungu. Menurut studi, bit kuning kaya akan beta-karoten. Jika sudah dicerna, kandungan beta-karoten akan berubah menjadi vitamin A.
Bit kuning digadang-gadang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, ia juga bisa membantu ginjal membersihkan racun, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta mengobati kelelahan.
5. Paprika kuning
Ilustrasi Paprika Kuning Foto: Pixabay/PublicDomainPictures
Yang terakhir ada paprika kuning. Sayuran berwarna cerah ini kaya akan nutrisi, serat, dan juga antioksidan. Tak hanya itu, paprika kuning juga menyediakan folat --sejenis zat yang mendukung sel darah merah.
Menariknya, vitamin K dalam paprika kuning juga sangat penting guna membekukan darah. Terlebih, sayuran dengan nama ilmiah Capsicum annuum L. ini juga kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh, energi, kesehatan kulit, hingga penyembuhan luka.
ADVERTISEMENT