5 Makanan Anti Ngantuk Bagi Para Pengendara Mobil saat Mudik

13 Juni 2018 14:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mengantuk saat mengemudi (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Mengantuk saat mengemudi (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kantuk yang tak tertahankan seringkali menjadi masalah yang dialami para pemudik. Perjalanan yang membutuhkan waktu lama, kurang istirahat, hingga tekanan stres akibat padatnya lalu lintas membuat badan lebih mudah lelah sehingga kantuk pun rentan datang.
ADVERTISEMENT
Padahal kelelahan dan rasa kantuk yang sangat berat dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, lho. Terutama bagi para pengemudi, kantuk tak tertahankan akan membuat fokus dan kewaspadaan berkurang saat mengemudi.
Namun tak perlu risau, selain istirahat yang cukup, ternyata ada beberapa makanan yang tak hanya lezat, tapi juga dapat menghilangkan kantuk sekaligus menjaga stamina saat perjalanan jauh. Dilansir Huffington Post, berikut lima makanan yang cocok dijadikan teman mudik agar badan tetap segar dan berenergi.
1. Dark chocolate
Ilustrasi cokelat. (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cokelat. (Foto: Thinkstock)
Kantuk tak tertahankan saat mudik? Dark chocolate dapat menjadi camilan tepat untuk mengusir rasa lelah dan kantuk yang menyerang.
Dark chocolate mengandung kafein yang berguna untuk meningkatkan kadar endorphin di dalam tubuh. Asupan endorphin berguna untuk mendorong energi sehingga tubuh tak mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, kakao di dalam dark chocolate juga kaya akan kandungan phenylethylamine yang akan meningkatkan fokus serta meredakan stres akibat perjalanan jauh.
ADVERTISEMENT
2. Jeruk
Jeruk. (Foto: Pexels )
zoom-in-whitePerbesar
Jeruk. (Foto: Pexels )
Jeruk memang dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Selain berfungsi memperkuat imunitas, vitamin C pada jeruk dapat membangkitkan energi serta mempertajam fokus dan kewaspadaan saat mengemudi. Bahkan, dilansir Huffington Post, mencium aroma segar jeruk akan menghilangkan rasa kantuk akibat kelelahan.
3. Salmon
Memanggang salmon 1 (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Memanggang salmon 1 (Foto: Thinkstock)
Kurangnya asupan asam lemak Omega 3 dapat menyebabkan rasa lelah dan lemas. Agar badan kembali segar, kamu dapat menyiasatinya dengan konsumsi salmon yang dikenal tinggi Omega 3 dan protein yang berfungsi meningkatkan energi. Sama dengan protein, selain membantu pembentukan otot dan jaringan tubuh, Omega 3 juga dapat meningkatkan energi sehingga tubuh tak mudah lelah saat mudik.
4. Telur rebus
Telur (Foto: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Telur (Foto: Pexels)
Telur rebus dapat menjadi bekal yang tepat saat mudik karena kandungannya yang dapat menghalau rasa lelah saat perjalanan. Di dalam telur terkandung vitamin B yaitu choline yang berfungsi melancarkan sistem metabolisme serta membantu memaksimalkan fungsi saraf pusat sehingga otak akan tetap fokus selama perjalanan.
ADVERTISEMENT
5. Kacang-kacangan
Kacang (Foto: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Kacang (Foto: Pixabay)
Kacang dapat menjadi salah satu camilan yang cocok dibawa sebagai pengusir lelah saat perjalanan mudik. Di dalam kacang-kacangan terkandung vitamin B, protein, dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan energi tubuh selama perjalanan jauh. Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga sangat baik dikonsumsi agar badan tak mudah lapar dan lemas saat mudik.