5 Jenis Teh yang Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

11 Juli 2019 16:23 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Teh Chamomile Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Teh Chamomile Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Banyak orang bilang, teh merupakan salah satu minuman yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Anggapan itu sejatinya tidak salah, namun yang perlu digaris bawahi tak semua jenis teh bisa membuat tubuh rileks sebelum tidur.
ADVERTISEMENT
Menurut beberapa studi, teh yang bisa membantu tidur lebih nyenyak adalah teh herbal. Teh herbal umumnya tidak memiliki kafein, sehingga tak menimbulkan efek susah tidur bagi orang yang mengkonsumsinya.
Karena alasan itulah, selama berabad-abad teh herbal digunakan di seluruh dunia sebagai obat tidur alami. Berikut kumparan rangkum lima jenis teh herbal yang bisa bantu tidur lebih nyenyak.
1. Teh chamomile
Teh Chamomile Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Teh Chamomile Foto: Pixabay
Selama bertahun-tahun, teh chamomile telah digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi peradangan, kecemasan, hingga mengobati insomnia.
Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam HHS Public Access, efek menenangkan ini dikaitkan dengan antioksidan yang disebut apigenin pada teh chamomile. Apigenin berkaitan dengan reseptor spesifik di otak yang bisa mengurangi kecemasan.
Agar bisa mendapatkan khasiat ini, Medical Center Universitas Maryland di Amerika Serikat menyarankan untuk memasukkan tiga sendok teh bunga chamomile kering ke dalam air panas. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan teh siap dinikmati.
ADVERTISEMENT
2. Teh valerian
Ilustrasi Teh Valerian Foto: Shutterstock/Olaf Speier
Sama seperti chamomile, valerian juga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati masalah insomnia, gugup, hingga sakit kepala. Secara historis, ramuan ini telah digunakan masyarakat Inggris selama Perang Dunia II untuk menghilangkan stres dan kecemasan yang disebabkan oleh serangan udara.
Kandungan anxiolytic dan anti-inflamasi yang ada pada valerian dipercaya bisa membantu melemaskan saraf dan memperbaiki kualitas tidur.
3. Teh lavender
Ilustrasi Teh Lavender Foto: Shutterstock/Almaje
Teh lavender dibuat dari kuncup bunga lavender. Banyak orang percaya, meminum teh lavender bisa menenangkan saraf dan membantu tidur lebih nyenyak.
Menurut sebuah studi, teh lavender terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur pada seseorang dengan gangguan kecemasan. Oleh karena itulah, jika kamu sedang mengalami gangguan kecemasan konsumsilah teh lavender sebelum tidur.
ADVERTISEMENT
4. Teh passionflower
Ilustrasi Teh Passionflower Foto: Shutterstock/Katinkah
Selain lavender, passionflower juga dianggap bisa membantu tidur lebih nyenyak. Teh ini terbuat dari daun kering, bunga, dan batang tanaman passionflower.
Di Indonesia, passionflower dikenal sebagai passiflora, dan merupakan tanaman yang masih satu kerabat dengan tanaman markisa atau passonfruit.
Secara tradisional, ekstrak bunga passionflower ini diyakini bisa menenangkan saraf, dan masih digunakan hingga saat ini untuk menangani gejala insomnia serta kecemasan yang berlebihan.
5. Teh lemon balm
Ilustrasi Teh Lemon Balm Foto: Shutterstock/Africa Studio
Lemon balm atau yang akrab disebut balsam mint merupakan tanaman herbal yang masuk dalam keluarga mint. Meski sering dijual dalam bentuk ekstrak untuk digunakan sebagai aromaterapi, daun lemon balm juga sering dikeringkan untuk membuat teh.
Kabarnya, ramuan teh lemon balm ini telah digunakan sebagai obat tidur alami sejak abad pertengahan. Khasiatnya sendiri pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan, adanya penurunan 42 persen gejala insomnia setelah mengkonsumsi 600 mg ekstrak lemon balm.
ADVERTISEMENT