5 Efek Makan Selai Kacang Setiap Hari, Hati-hati Bisa Bikin Berat Badan Naik

20 Juni 2021 10:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hayo, siapa di antara kamu yang hobi gadoin selain kacang? Selai kacang memang nikmat, rasanya manis, gurih, dan creamy, bisa membuat kita ketagihan. Pengin menikmatinya lagi dan lagi. Eits, sebelum kamu kebablasan, perlu diketahui kalo selai kacang juga punya efek pada tubuh, lho.
ADVERTISEMENT
Mengutip Eat This, ada banyak manfaat kesehatan bisa didapatkan dari mengonsumsi selai kacang. Tidak jarang, olesan satu ini sering dijadikan bahan makanan campuran. Seperti dalam jus, smoothie, kue, sampai salad khas Thailand.
Selain manfaat, makan selai kacang ternyata juga bisa berdampak pada kesehatan. Apalagi, kalau kamu menikmatinya setiap hari dengan porsi berlebihan. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui apa saja manfaat dan dampak mengonsumsi selai kacang berikut ini:

1. Menangkal risiko kanker

Ilustrasi selai kacang. Foto: Pixabay
Konsumsi kacang dipercaya membantu tubuh terhindar dari segala macam kanker. Menurut Hollie Zammit, RD, Ahli Diet di Orlando Health, kacang meminimalisasi penyakit kanker paru sampai pankreas.
“Diet rendah daging dan rutin makan kacang membantu menurunkan risiko penyakit kanker di tubuh. Ini karena berbagai sumber nutrisi bisa didapatkan. Misal vitamin, mineral, serat, dan fitokimia yang terkandung dalam kacang,” jelas Zammit.
ADVERTISEMENT

2. Mengurangi rasa lapar

Apel dan selai kacang Foto: Shutterstock
Studi National Institutes of Health meyakini kalau makan selai kacang dalam porsi yang sesuai dengan takaran satu kali makan, bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Merasa kenyang tentu membuat kita lebih jarang ngemil.
Oleh karenanya, jika merasa mulai lapar di luar jam makan utama, maka kamu boleh menjadikan selai kacang tanpa tambahan gula sebagai camilan alternatif.

3. Menyehatkan dan praktis

roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
roti dengan selai kacang Foto: Shutterstock
Terkadang menyiapkan makanan sehat membutuhkan waktu yang cukup lama. Lantaran, harus memilih bahan yang sesuai, lalu cara memasaknya pun tak boleh asal. Tapi, kalau kalian ingin makan sehat dan tetap praktis, konsumsi selai kacang sudah sangat cukup.
“Cepat, sehat, dan nyaman. Selai kacang punya semua keunggulannya. Selai tersebut juga dianggap sebagai makanan nabati bergizi, serta menyehatkan jantung,” terang Laura Burak, MS, RD, CDN.
ADVERTISEMENT

4. Meningkatkan suasana hati jadi lebih baik

Ilustrasi mengonsumsi makanan sehat Foto: Shutterstock
Selain sebagai bahan makanan yang lezat juga sehat, selai kacang mampu meningkatkan kondisi mood, lho. Rasanya yang creamy dan gurih, terkadang memang cocok dijadikan pelengkap kudapan manis atau camilan lain. Tapi, tetap ingat, ya untuk selalu batasi jumlah konsumsinya, dan jangan memakannya setiap hari.

5. Berat badan naik

Ilustrasi timbangan berat badan naik. Foto: Shutter Stock
Meski memiliki segudang manfaat baik, selai kacang ternyata tinggi kalori, lho. Apalagi jika ditambah dengan pemanis buatan, membuat berat badan bisa langsung naik. Untuk mengakalinya agar tetap bisa menikmati selai kacang, maka pilihlah yang berlabel organik, dan jangan konsumsi lebih dari dua sendok makan. Cukup dua sendok atau kurang.
Reporter: Balqis Tsabita Azkiya