10 Makanan Berbahan Dasar Kopi yang Mencuri Pehatian Netizen

16 Desember 2017 7:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Makanan berbahan dasar kopi (Foto: Instagram/@necklacer, @maryss629)
zoom-in-whitePerbesar
Makanan berbahan dasar kopi (Foto: Instagram/@necklacer, @maryss629)
ADVERTISEMENT
Dari sekian banyak makanan dan minuman yang ada, kopi nampaknya menjadi salah satu minuman yang tak pernah berhenti dikreasikan. Tak hanya diolah menjadi minuman, kopi juga mulai diinovasikan sebagai sebuah bahan baku pembuatan makanan.
ADVERTISEMENT
Perpaduan rasa pahit dan asam yang dihasilkan dari kopi tentu mampu meningkatkan citarasa makanan itu sendiri. Selain itu, aromanya yang sedap juga menjadi alasan, kenapa kopi dirasa tepat untuk diolah menjadi makanan.
Beberapa makanan berbahan dasar kopi rupanya sempat populer sesaat setelah diluncurkan. kumparan (kumparan.com) pun telah merangkum 10 makanan dan minuman berbahan dasar kopi yang mencuri perhatian netizen. Makanan apa saja? Berikut ulasannya:
1. Susu Kopi
Kopi susu mungkin suda biasa, namun bagaimana dengan susu kopi? Rhode Island, negara bagian Amerika Serikat ternyata menjadi tempat susu kopi berasal. Ada total tiga produk susu kopi populer yang bisa kamu temui di sini. Susu kopi sejatinya terbuat dari perpaduan sirup kopi yang dicampur dengan susu, sehingga menghasilkan rasa unik.
ADVERTISEMENT
2. Pasta dengan Bumbu Kopi
Selama ini mungkin kamu hanya mengenal tiga varian rasa, yaitu pasta aglio olio, pasta dengan saus bolognese, ataupun carbonara. Dan terbaru ada pasta dengan bumbu kopi yang terlihat menggugah.
Pasta ini umumnya dibuat dengan merebus pasta di air rebusan yang telah dicampur dengan kopi, sehingga rasa dan aroma kopi akan terserap ke permukaan pasta.
3. Ramen Kopi
Selanjutnya ada ramen kopi. Dan ramen unik ini hanya bisa kamu temukan di Jepang, tepatnya di kedai kopi Aroma. Rumah kopi yang terletak di Tokyo ini menawarkan seporsi ramen yang disiram dengan kuah kaldu berbahan dasar kopi.
Yang membuat hidangan ini semakin menarik, sajian ramen kopi dilengkapi dengan topping yang tak biasa, yaitu potongan telur, pisang, irisan daging, buah kiwi, es krim dan masih banyak lainnya. Tertarik mencobanya?
ADVERTISEMENT
4. Selai Kopi
Selai cokelat, kacang dan buah-buahan mungkin menjadi deretan produk selai yang paling populer. Namun kini telah hadir selai kopi yang siap menyaingi ketiga produk selai tersebut.
Dilansir Spoon University, Italia disebut sebagai negara pertama yang mempopulerkan selai kopi ini.
5. Pudding Kopi
Lalu ada pudding kopi. Menjadi hidangan penutup favorit di Jepang, pudding kopi terbuat dari adonan agar-agar yang kemudian dimasak dengan bubuk kopi, sehingga menghasilkan warna hitam pekat.
Pudding kopi juga sering diolah menjadi milkshake dengan cara membekukannya di freezer.
6. Cuka Balsamic Espresso
Kopi rupanya juga dapat diolah menjadi cuka. Dikombinasikan dengan kopi espresso, saat ini telah banyak produk cuka balsamik espresso yang bisa ditemui di supermarket besar.
ADVERTISEMENT
Rasa cuka sendiri sebenarnya sudah memiliki rasa dan aroma asam yang tajam. Perpaduan aroma dan rasa dari kopi espresso yang kuat tentu akan memperkaya rasa makanan jika menggunakan cuka jenis ini.
7. Kripik Kentang Cappuccino
Salah satu produk kripik kentang terkemuka, Lays, ternyata juga pernah meluncurkan sebuah produk kripik kentang yang dibumbui dengan bumbu kopi cappuccino yang sedap. Bersifat terbatas, kripik kentang cappuccino Lays diperkirakan berhenti produksi di tahun 2014 lalu.
8. Coca-cola dengan Rasa Kopi
Pertama kali diperkenalkan di Prancis, Coca-cola juga pernah meluncurkan minuman soda yang berbahan dasar kopi. Mempunyai citarasa kopi khas Indonesia, Coca-Cola Blāk hanya dipasarkan selama dua tahun saja.
Minuman soda ini diketahui mengandung 49 mg kafein, jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan produk Coca-cola biasa yang hanya mengandung 23 mg kafein.
ADVERTISEMENT
9. Yogurt Kopi
Perusahaan makanan asal Amerika, Dannon juga mengeluarkan produk yogurt yang dikemas dengan rasa kopi karamel yang manis nan lembut. Cocok dikonsumi bagi mereka yang tengah diet, Dannon Yogurt Light & Fit Greek Caramel Macchiato hanya mengandung 80 kalori saja per cupnya. Sayangnya, produk ini merupakan produk musiman yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi.
10. Jus Buah Rasa Kopi
Dan yang terakhir ada jus buah rasa kopi yang diproduksi oleh Rejuve, produsen jus buah sehat asal Indonesia. Jika dilihat dari Instagramnya, Rejuve baru saja meluncurkan dua produk jus buah rasa kopinya pada November lalu. Cafe almond dan Avocado High adalah dua produk jus buah rasa kopi yang diklaim bisa meningkatkan suasana hati seseorang.
ADVERTISEMENT