Zinedine Zidane Tolak Tawaran untuk Melatih Timnas AS

8 Januari 2023 12:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid. Foto: REUTERS/Sergio Perez
zoom-in-whitePerbesar
Zinedine Zidane, pelatih Real Madrid. Foto: REUTERS/Sergio Perez
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Zinedine Zidane kabarnya mendapat tawaran untuk melatih Timnas AS (Amerika Serikat). Namun, juru taktik asal Prancis itu justru menolak proposal tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan media Prancis, L'Equipe, kabarnya Timnas AS mengajukan tawaran yang cukup menggiurkan bagi Zidane. Amerika disebut siap memberikan sejumlah fasilitas mewah serta gaji yang tinggi bagi eks pelatih Real Madrid tersebut.
Akan tetapi, Zidane justru menolak tawaran yang hadir. L'Equipe menyebut pria berkepala plontos itu tak tertarik menangani tim nasional selain Prancis.
Laporan yang sama juga menyebut bahwa Zidane tak hanya menolak tawaran dari AS. Pelatih 50 tahun itu juga enggan mengambil kesempatan yang disodorkan kepadanya untuk melatih tim Brasil dan Portugal.
Timnas Amerika Serikat saat latihan jelang Piala Dunia 2022 di Qatar. Foto: REUTERS/Carl Recine
Adapun kursi pelatih Timnas AS kini tengah kosong usai mereka memutus kontrak Gregg Behalter beberapa waktu lalu. Pemutusan kerja sama tersebut dilakukan imbas dari kasusnya yang beredar di media sosial akhir-akhir ini.
ADVERTISEMENT
Behalter tersandung kasus kekerasan rumah tangga kepada istrinya. Kasus tersebut sebenarnya terjadi pada 18 tahun silam, tepatnya pada 1991. Namun, persoalan itu baru menyeruak ke permukaan baru-baru ini.
Kini, Timnas AS untuk sementara dinakhodai oleh Anthony Hudson sejak awal Januari 2023 lalu. Hudson akan mengomandoi The Yanks hingga pihak federasi menunjuk pelatih baru.
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane memegang piala kemenangan pada La Liga Santander di Stadion Alfredo Di Stefano, Madrid, Spanyol, (16/7). Foto: Sergio Perez REUTERS
Sementara itu, Zidane nampaknya harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mewujudkan mimpinya melatih Les Bleus. Pasalnya, Prancis baru saja memperpanjang kontrak sang pelatih, Didier Deschamps, hingga 2026 mendatang.
Selepas gantung sepatu, Zidane hanya baru melatih satu tim saja, yakni Real Madrid. Selama 3 tahun membesut Los Blancos, pelatih yang memiliki Lisensi Pro UEFA itu berhasil mempersembahkan sederet trofi bergengsi. Di antaranya yakni 3 trofi Liga Champions, 2 Piala Super UEFA, 2 trofi Piala Dunia Antarklub, serta 2 gelar Liga Spanyol.
ADVERTISEMENT
Atas capaian fantastinya bersama Real Madrid, Zidane berhasil menyabet dua gelar Pelatih Terbaik Dunia pada musim 2016/17, serta 2017/18. Selepas melatih El Real, Zidane belum melatih tim mana pun hingga saat ini.