Umuh soal Stadion GBLA Jadi Kandang Persib: Semua Tergantung Manajemen

26 Februari 2020 14:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
ADVERTISEMENT
Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Stadion GBLA) sudah bisa digunakan sebagai kandang Persib Bandung, termasuk di ajang Liga 1 2020. Namun, keputusan pemakaian GBLA ini pada akhirnya tergantung manajemen Persib sendiri.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pertemuan yang dihelat pada Jumat (21/2/2020) silam di Bandung, Oded M. Danial selaku Walikota Bandung membuka kemungkinan Persib bermarkas di Stadion GBLA. Oded menilai bahwa Stadion GBLA sudah bisa digunakan.
Penggunaan Stadion GBLA sebagai kandang Persib juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kapolrestabes Bandung selaku pemberi izin keramaian. Hal ini jadi sebuah sinyal positif bagi Persib.
Namun, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat yang juga menjabat sebagai Manajer Persib, Umuh Muchtar, mengungkapkan bahwa keputusan penggunaan GBLA tergantung dari manajemen Persib sendiri.
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. Foto: Alan Kusuma/kumparan
"Stadion GBLA sudah siap, sudah diberikan dari Pemkot Bandung, jadi tinggal pilih PT PBB mau ambil dimana, terserah manajemen," ujar Umuh saat ditemui pada acara peluncuran tim Persib, Selasa (25/2/2020).
ADVERTISEMENT
"Memang GBLA dari akses lebih bagus, tapi nanti lihat kenyamanan juga, apa lebih nyaman di Stadion Si Jalak Harupat atau Stadion GBLA, karena kenyamanan dan keamanan harus jadi yang utama," tambahnya.
Stadion GBLA sendiri sudah dinilai layak pakai oleh Kemen PUPR, walau sudah terbengkalai selama lebih dari satu tahun lamanya. Kebanyakan, Persib bermarkas di Jalak Harupat, laiknya yang mereka lakukan di musim 2019.
Memang, dari segi kenyamanan dan keamanan, Jalak Harupat sudah terbukti. Akses yang lebih mudah selepas adanya tol Soroja (Soreang-Pasirkoja), serta keamanan yang berlapis, membuat laga Persib di sana kerap berjalan aman.
Meski tidak menampik bahwa Jalak Harupat lebih siap Umuh mengungkapkan bahwa jajaran manajemen akan mengadakan pertemuan terlebih dahulu sebelum 1 Maret 2020 mendatang, tentang di mana Persib akan main nantinya.
Susana jelang pembukaan Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu, (2/3). Foto: Dicky Adam/kumparan
"Lebih siap Si Jalak Harupat, sih. Kalau di sana saya yakin sudah siap. Tapi, nanti kalau main di mana ke depannya, ya harus dibicarakan lagi," ujar Umuh.
ADVERTISEMENT
"Mudah-mudahan di Stadion GBLA tidak terjadi lagi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti hilang motor contohnya itu. Bobotoh yang nonton pun harus nyaman," ucap Manajer Persib itu.