Transfer Martin Braithwaite ke Barcelona Tidak Menguntungkan Siapa pun

21 Februari 2020 14:36 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Martin Braithwaite diperkenalkan di Camp Nou. Foto: AFP/Josep Lago
zoom-in-whitePerbesar
Martin Braithwaite diperkenalkan di Camp Nou. Foto: AFP/Josep Lago
ADVERTISEMENT
Perburuan itu akhirnya selesai. Kamis (20/2/2020), Martin Braithwaite resmi menjadi pemain baru Barcelona setelah dibeli dari Leganes dengan nilai transfer mencapai 18 juta euro.
ADVERTISEMENT
Sulit untuk tidak mencibir transfer ini. Pasalnya, kepindahan Braithwaite ke Camp Nou tak lain merupakan buah dari inkompetensi manajemen Barcelona dalam mencari pemain di bursa transfer Januari lalu.
Sejak sebelum jendela transfer dibuka, Barcelona sudah dirumorkan bakal mendatangkan striker anyar. Musim ini, mereka memang cuma memiliki Luis Suarez sebagai penyerang tengah murni.
Suarez sendiri sampai harus meminta manajemen Barcelona untuk merekrut penyerang baru. Parahnya lagi, eks pemain Liverpool itu kemudian mengalami cedera dan harus absen panjang.
Tanpa keberadaan stok penyerang tengah cadangan, Barcelona pun harus berburu nama baru. Mulanya, nama yang mengapung adalah Lautaro Martinez.
Akan tetapi, selain karena Martinez sendiri belum mau pindah dari Inter Milan, Barcelona sesungguhnya tak punya cukup uang untuk mendatangkannya. Cekaknya dana transfer Barcelona ini terlihat jelas ketika mereka berusaha mendatangkan Rodrigo Moreno dari Valencia.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa harga Martinez ada di kisaran 111 juta euro. Sementara, untuk memenuhi permintaan 60 juta euro untuk Rodrigo saja Barcelona tidak sanggup.
Akhirnya, transfer Rodrigo itu pun urung terjadi dan Barcelona bergerak lagi untuk memulangkan Cedric Bakambu dari China ke Spanyol. Bakambu sebenarnya hampir saja pindah tetapi pihak Barcelona kemudian membatalkan transfer ini secara sepihak.
Martin Braithwaite bersama Josep Maria Bartomeu dan Eric Abidal. Foto: AFP/Josep Lago
Sampai jendela transfer ditutup, Barcelona tidak jadi mendatangkan satu striker pun. Sebaliknya, mereka melepas dua penyerang sekaligus, Carles Perez dan Abel Ruiz.
Ketika itu Barcelona berusaha menghibur diri dengan menyebut bahwa Ousmane Dembele sudah hampir pulih dari cedera. Pelatih Quique Setien bahkan mengatakan Dembele bakal jadi 'seperti pembelian baru' bagi Blaugrana.
Malang tak dapat ditolak, Dembele kemudian justru mengalami cedera lagi dan dipastikan bakal absen sampai akhir musim. Suarez cedera, Dembele cedera, dan Barcelona pun pusing tujuh keliling.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, ada aturan RFEF yang menyebut bahwa sebuah klub bisa membeli pemain baru apabila ada pemainnya yang cedera lebih dari lima bulan. Setelah terkonfirmasi bahwa Dembele bakal absen enam bulan, jalan bagi Barcelona untuk merekrut pemain baru pun terbuka.
Masalahnya, karena aturan tadi adalah aturan federasi negara setempat, pemain yang bisa mereka beli hanya pemain dari sesama klub Spanyol. Opsi Barcelona pun menjadi begitu terbatas, apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa duit mereka juga tidak banyak.
Martin Braithwaite diperkenalkan di Camp Nou. Foto: AFP/Josep Lago
Itulah mengapa, nama-nama yang dikaitkan dengan Barcelona pun terdengar 'aneh'. Ada Lucas Perez, Angel Rodriguez, dan Braithwaite sendiri. Sebenarnya, nama Willian Jose sempat pula mencuat tetapi striker Real Sociedad itu dibanderol cukup mahal.
Pilihan Barcelona akhirnya jatuh pada Braithwaite dan ini adalah transfer yang tidak menguntungkan siapa pun.
ADVERTISEMENT
Bagi Leganes, kehilangan Braithwaite berarti kehilangan pencetak gol terbanyak mereka musim ini. Pertarungan melawan degradasi pun bakal semakin sulit saja buat mereka. Apalagi, Januari lalu mereka sudah kehilangan Youssef En-Nesyri yang hijrah ke Sevilla.
Pihak Leganes sendiri sudah mengajukan keberatannya kepada pihak La Liga. Mereka ingin agar diperbolehkan mencari pengganti Braithwaite tetapi rekues itu ditolak.
Untuk Braithwaite, kerugian yang didapat adalah penurunan status. Jika sebelumnya dia merupakan penyerang utama, di Barcelona bisa hampir dipastikan pemain 28 tahun itu hanya akan jadi ban serep.
Buat Barcelona, meski mendapatkan striker baru, transfer ini tak bisa dibilang menguntungkan juga. Sebab, mereka harus membayar 18 juta euro untuk penyerang yang kemungkinan besar takkan mereka pakai sering-sering.
ADVERTISEMENT
Braithwaite sendiri tidak akan bisa diturunkan Barcelona di ajang Liga Champions karena dia pindah dengan aturan yang lingkupnya domestik. Sampai akhir musim nanti, eks Middlesbrough itu hanya bisa turun di La Liga.
Namun, semua kini sudah telanjur. Braithwaite sudah menjadi pemain Barcelona setidaknya sampai akhir musim nanti. Satu-satunya yang akan membuat transfer ini jadi 'masuk akal' adalah apabila sang pemain tampil menggila ketika diberi kesempatan.