Tottenham vs Newcastle: Kesal, Mourinho Cabut Sebelum Laga Selesai

28 September 2020 12:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jose Mourinho, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS / Matthew Childs / Pool
zoom-in-whitePerbesar
Jose Mourinho, pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS / Matthew Childs / Pool
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jose Mourinho terlihat kesal dengan keputusan kontroversial dari wasit di laga Tottenham vs Newcastle. Ia bahkan meninggalkan lapangan sebelum pertandingan usai.
ADVERTISEMENT
Gara-gara itu, Tottenham gagal meraih poin penuh di pekan ketiga Liga Inggris, Minggu (27/9) malam WIB. Padahal, Tottenham sejatinya unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Lucas Moura.
Namun, kemenangan yang sudah berada di depan mata buyar pada menit-menit akhir laga. Wasit memberi hadiah penalti kepada Newcastle usai meninjau VAR.
Insidennya, Eric Dier dinilai melakukan handball di dalam kotak terlarang karena menghalangi bola sundulan Andy Carroll. Callum Wilson yang ditunjuk sebagai algojo sukses melakukan tugasnya, skor berubah menjadi imbang 1-1.
Penalti yang diberikan untuk Newcastle sempat menuai protes dari para pemain The Lilywhites. Sebab, tangan Dier dinilai pasif. Selain itu, mereka juga menilai kalau Carroll juga lebih dulu offside.
ADVERTISEMENT
Namun, begitulah aturan baru yang ada. IFAB menyatakan bahwa seorang pemain tetap dianggap melakukan handball, meskipun tidak melihat datangnya bola yang mengenai tangan.
Mourinho pun jadi sorotan ketika momen tersebut terjadi. Pelatih asal Portugal itu tampak kesal dan langsung meninggalkan lapangan kendati laga masih berjalan.
Regulasi tentang handball ini pun ditentang oleh sejumlah pundit di Inggris, salah satunya Jamie Carragher. Ia menuntut perubahan terkait hal tersebut.
"Fans Newcastle akan sangat gembira, saya bisa mengerti itu tapi semua orang di negara ini akan mengatakan hal yang sama. Eric Dier melompat untuk merebut bola, tidak memiliki kendali kemana arah lengannya. Ini adalah lelucon."
Pemain Tottenham Hotspur Ben Davies berebut bola dengan pemain Newcastle United pada lanjutan pertandingan Premier League di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris. Foto: Andrew Boyers/REUTERS
"Baik itu pihak Premier League, FA, FIFA, Pierluigi Collina, siapa pun yang terlibat dalam regulasi ini, tolong hentikan, karena Anda merusak sepak bola untuk semua orang. Ubah ini sekarang!" imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Hasil tersebut membuat Tottenham kini nangkring di peringkat tujuh klasemen sementara dengan catatan empat poin. Selanjutnya, Harry Kane dkk. bakal menjamu Chelsea di pentas Piala Liga Inggris pada Rabu (30/9) dini hari WIB.
****
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.