Tendangan Kalajengking Giroud Masuk Nominasi Gol Terbaik Dunia

23 September 2017 3:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Giroud kala merayakan gol. (Foto: Eddie Keogh/Reuters)
zoom-in-whitePerbesar
Giroud kala merayakan gol. (Foto: Eddie Keogh/Reuters)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaikan sayur tanpa garam. Pepatah itu tampaknya tepat untuk mendeskripsikan bahwa sepak bola akan terasa hambar tanpa adanya gol yang tercipta.
ADVERTISEMENT
Ya, gol memegang peranan sangat penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Karena tak hanya berfungsi sebagai pembeda untuk hasil akhir laga, lahirnya sebuah gol juga bakal memberikan kenikmatan tersendiri.
Karena itu, tak salah kiranya jika FIFA membuat sebuah penghargaan untuk gol terindah di dunia. Mengusung nama Puskas Award, sepuluh gol kini sudah didapatkan untuk kemudian nantinya dipilih yang terbaik.
Salah satu dari sepuluh nominasinya adalah gol milik bomber Arsenal Olivier Giroud. Gol itu dicetak Giroud kala bersua dengan Crystal Palace dalam laga Premier League di Emirates Stadium pada musim lalu.
Menerima umpan silang dari Alexis Sanchez, bola yang diarahkan ke kotak penalti kemudian disambut oleh Giroud dengan sepakan dengan menggunakan kaki kiri. Uniknya, striker asal Prancis itu menyepaknya dengan telapak sepatu sehingga membentuk gerakan seperti kalajengking. Dan, booommm…bola mengarah masuk ke pojok kanan gawang.
ADVERTISEMENT
Nominasi lain datang dari ajang Liga Champions musim lalu. Kali ini adalah gol milik penggawa Juventus, Mario Mandzukic, yang dicetaknya ke gawang Real Madrid dalam partai final.
Mendapat umpan dari Gonzalo Higuain di dalam kotak penalti, Mandzukic sempat mengontrol bola dengan dada. Secara mengejutkan, penyerang asal Kroasia itu langsung melanjutkannya dengan overhead kick yang meluncur deras ke pojok kiri atas dari gawang kawalan Keylor Navas.
Meski demikian, sepuluh gol yang terpilih dalam nominasi Puskas Award tak hanya berasal dari pesepak bola terkenal. Karena toh memang penekannya berada pada golnya, bukan subjeknya.
Salah satunya adalah gol yang datang dari Deyna Castellanos yang terjadi di Piala Dunia Wanita U-17. Gol dari pemain Venezuela itu tercatat sebagai satu-satunya gol yang diciptakan oleh pesepak bola wanita dari sembilan nominasi gol lainnya.
ADVERTISEMENT
Pada penghargaan tahun lalu, peraih Puskas Award bahkan berasal dari Liga Malaysia. Adalah pemain asal Penang FA, Mohamad Faiz Subri, yang menghebohkan dunia kala itu dengan tendangan bebasnya ke gawang Pahang FA.
Gol itu dinilai paling indah setelah bola disepaknya dari jarak jauh yang alurnya seperti melawan arah grafitasi bumi sebelum akhirnya menungkik tajam ke pojok gawang. Dan, sudah dapat dipastikan, sang penjaga gawang pun kebingungan melihat derasnya bola yang merobek jaringnya.
Kesepuluh nominasi Puskas Award 2017 dibuat oleh mantan pesepak bola yaitu Henrik Larsson, Pedrag Mijatovic, Celia Sasic, Alan Shearer, dan Abby Wambach. Akan tetapi, pemenangnya akan ditentukan berdasarkan hasil voting terbanyak yang diumumkan bersamaan dengan peraih penghargaan FIFA lainnya di London pada 23 Oktober mendatang.
ADVERTISEMENT
Anda bisa mengikuti voting dengan mengklik tautan berikut ini.
Daftar 10 nominasi Puskas Award 2017:
- Kevin-Prince Boateng: Villarreal, La Liga - 23 Oktober 2016
- Alejandro Camargo: Universidad de Conception, Liga Cile - 4 Desember 2016
- Deyna Castellanos: Venezuela, Piala Dunia Wanita U-17 - 3 Oktober 2016
- Moussa Dembele: Celtic, Liga Skotlandia - 5 Februari 2017
- Olivier Giroud: Arsenal, Premier League - 1 Januari 2017
- Aviles Hurtado: Tijuana, Liga Meksiko - 1 April 2017
- Mario Mandzukic: Juventus, Liga Champions - 3 Juni 2017
- Oscarine Masuluke: Baroka, Liga Afrika - 30 November 2016
- Nemanja Matic: Chelsea, Piala FA - 22 April 2017
ADVERTISEMENT
- Jordi Mboula: Barcelona, Liga UEFA Remaja - 22 Februari 2017