Tak Ada Perubahan Nama untuk Tira-Persikabo

25 Januari 2020 18:20 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Selebrasi para pemain Tira-Persikabo. Foto: Dok. Liga Indonesia
zoom-in-whitePerbesar
Selebrasi para pemain Tira-Persikabo. Foto: Dok. Liga Indonesia
ADVERTISEMENT
Keinginan PS Tira-Persikabo untuk mengganti nama di Liga 1 2020 menjadi Persikabo urung terlaksana. Pada Kongres Tahunan PSSI di Kuta, Bali, Sabtu (25/1/2020), belum ada pengesahan terkait perubahan tersebut oleh PSSI.
ADVERTISEMENT
''Nanti ada aturan khusus yang memang berkaitan dengan perubahan nama Tira menjadi Persikabo. Nanti akan saya jelaskan setelah kami di kepengurusan berdiskusi,'' kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.
''Selama aturan pergantian nama masuk, ya, akan kami diskusikan. Intinya belum kami sahkan pergantian namanya. Jadi, perubahan bisa dilakukan nsetelah kami diskusikan,'' sambung pria yang karib disapa Iwan Bule itu.
Pergantian nama Tira menjadi Persikabo sendiri bermula dari permintaan sebagian besar suporter klub yang berbasis di Bogor itu kepada manajemen. Sejak merger dengan Tira pada awal 2019 lalu, memang banyak suporter Persikabo yang tak setuju.
Atas dasar itu, sejumlah protes bermunculan. Bahkan saat Tira-Persikabo musim lalu berlaga di Stadion Pakansari, kandang mereka, sebagian besar suporter mengenakan atribut yang bertuliskan 'Persikabo' saja, alih-alih Tira-Persikabo.
ADVERTISEMENT
Manajemen lantas menanggapi hal tersebut. Di sisi lain, mereka juga merasa nama Persikabo lebih menguntungkan secara komersial, terutama di kawasan Bogor, karena langsung membawa identitas kedaerahan.
Akan tetapi, keinginan mereka itu tampaknya belum akan terlaksana dalam waktu dekat.