Stoke Degradasi, Jack Butland Kecam Manajemen Klub

7 Mei 2018 15:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Butland gagal menyelamatkan Stoke. (Foto: Reuters/Carl Recine)
zoom-in-whitePerbesar
Butland gagal menyelamatkan Stoke. (Foto: Reuters/Carl Recine)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Meski berstatus sebagai kiper Tim Nasional (Timnas) Inggris, Jack Butland gagal menyelamatkan klubnya, Stoke City, dari degradasi. Jika tidak ada klub yang meminangnya, Butland pun harus menghadapi kenyataan bahwa dia bakal bermain di Divisi Championship musim depan.
ADVERTISEMENT
Setelah sepuluh tahun mengadu nasib di Premier League, Stoke akhirnya harus kembali turun kelas menyusul kekalahan 1-2 dari Crystal Palace, Sabtu (5/5/2018) malam WIB, lalu. Stoke yang cuma punya koleksi 30 angka sudah tak mungkin mengejar Swansea City di urutan ke-17 yang unggul empat poin.
Atas nasib ini, Butland pun menyalahkan manajemen. Menurut mantan kiper Birmingham City itu, Stoke sudah mendatangkan banyak pemain tak berguna.
"Kupikir proses rekrutmen yang ada sekarang perlu direvisi lagi," ucap Butland seperti dilansir Reuters. "Ada beberapa pemain yang tidak berkontribusi untuk skuat karena beragam alasan, mulai dari disiplin sampai performa yang buruk."
Butland memang tidak merinci siapa-siapa saja yang dia maksud. Akan tetapi, contohnya sebenarnya jelas. Ada Jese Rodriguez, pemain pinjaman dari Paris Saint-Germain yang hanya menjadi starter delapan kali dan harus kerap absen lantaran masalah kesehatan pada putranya. Kemudian, ada pula pemain-pemain macam Saido Berahino serta Ibrahim Afellay yang juga gagal bersinar.
ADVERTISEMENT
Butland dan para pemain Stoke tertunduk lesu. (Foto: Reuters/Peter Powell)
zoom-in-whitePerbesar
Butland dan para pemain Stoke tertunduk lesu. (Foto: Reuters/Peter Powell)
Berahino yang sempat dikejar Stoke selama tiga musim akhirnya datang pada Januari 2017 dengan harga 12 juta poundsterling. Akan tetapi, sampai detik ini, mantan bintang muda West Bromwich Albion itu belum berhasil mencetak satu gol pun. Sementara itu, Afellay yang menua dan rentan cedera itu hanya bermain 6 kali (1 kali sebagai starter) serta gagal mencetak gol maupun assist.
Butland kemudian mengatakan bahwa untuk bisa bersaing di Championship, Stoke harus melakukan perubahan di sana-sini, terutama dalam menyeleksi karakter pemain yang dibeli.
"Ada banyak sekali pemain yang didatangkan dalam beberapa musim terakhir, tetapi hampir tak pernah bermain. Ini sama sekali tidak bisa diterima. Jadi, sebelum ada pembelian baru dan ada perubahan di sana sini, kebijakan itulah yang harus dibenahi karena selama ini, yang ada cuma lelucon," tegas Butland.
ADVERTISEMENT