Spurs Dipastikan Bisa Pakai Stadion Baru, Palace Jadi Lawan Perdana

18 Maret 2019 10:56 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tampak luar stadion baru Tottenham yang belum kelar dibangun. Foto: Reuters/Paul Childs
zoom-in-whitePerbesar
Tampak luar stadion baru Tottenham yang belum kelar dibangun. Foto: Reuters/Paul Childs
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menanti siapnya stadion baru Tottenham Hotspur tak lagi seperti menunggu Godot. Minggu (17/3/2019) malam WIB, Tottenham secara resmi mengumumkan bahwa stadion baru mereka akan bisa digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan pertamanya pada 3 April mendatang.
ADVERTISEMENT
Adalah Crystal Palace yang akan menjadi lawan pertama Tottenham di stadion barunya tersebut. Laga melawan Palace sendiri semestinya sudah digelar akhir pekan lalu tetapi karena The Eagles harus berlaga di perempat final Piala FA maka pertandingan dua klub London itu pun mengalami penundaan.
Suasana pembangunan stadion baru Tottenham Hotspur. Foto: Getty Images/Jan Krueger
Stadion baru Tottenham Hotspur yang sampai sekarang masih dikenal dengan nama New White Hart Lane —karena dibangun di sekitar reruntuhan stadion lawas mereka— itu seharusnya sudah siap sejak awal musim 2018/19. Pada pekan ketiga Premier League, Tottenham sudah dijadwalkan untuk bisa berlaga di stadion baru itu. Bahkan, pesta inagurasi sudah disiapkan untuk menyambut era baru klub London Utara tersebut.
Namun, masalah dalam proses pembangunan membuat tanggal rampung stadion tersebut terus molor. Salah satu yang menjadi sumber masalah adalah inkompetensi dari kontraktor yang ditugasi membangun stadion itu, MACE. Miskomunikasi, buruknya hubungan dengan subkontraktor, sampai alkohol dan kokain yang dikonsumsi para pekerja membuat stadion itu tak kunjung jadi.
ADVERTISEMENT
Molornya pembangunan stadion itu juga kemudian berujung pada makin menumpuknya utang klub. Pada akhir Oktober 2018, Tottenham mengumumkan bahwa mereka telah menambah jumlah pinjaman sampai 237 juta poundsterling. Padahal, Tottenham sebelumnya telah mengumumkan bahwa pembangunan New White Hart Lane itu memakan dana 400 juta poundsterling. Tak ayal, utang klub pun membengkak sampai lebih dari 600 juta poundsterling.
Jelang pertengahan musim pelatih Tottenham, Mauricio Pochettino, sudah mengatakan bahwa dia berharap stadion baru tadi bisa digunakan pada pertandingan di saat Natal. Namun, harapan Pochettino itu tinggal harapan. Sampai akhirnya, pengumuman resmi Tottenham tadi disebarkan. Lebih dari setengah tahun setelah jadwal yang semestinya The Lilywhites baru bisa berkandang di stadion anyarnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjamu Palace, Tottenham telah menjadwalkan dua test event di New White Hart Lane. Yakni, pertandingan Tottenham U-18 menghadapi Southampton U-18 serta pertandingan ekshibisi legenda Tottenham melawan legenda Internazionale pada 30 Maret.
Kemudian, setelah menjamu Palace, Tottenham juga dipastikan akan menggelar pertandingan Liga Champions menghadapi Manchester City di rumah barunya. Dengan demikian, slogan "Satu-satunya tempat di London untuk menyaksikan Liga Champions" yang mereka gunakan untuk mempromosikan New White Hart Lane itu, sampai saat ini, belum menjadi senjata makan tuan.