Shin Tae-yong Puji Performa Ricky Kambuaya saat Timnas U-23 Hantam Filipina

13 Mei 2022 21:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (tengah) merayakan gol bersama rekan setimnya Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) dan Rachmat Irianto pada leg kedua pertandingan final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020. Foto: Roslan RAHMAN / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Indonesia Ricky Richardo Kambuaya (tengah) merayakan gol bersama rekan setimnya Pratama Arhan Alif Rifai (kiri) dan Rachmat Irianto pada leg kedua pertandingan final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020. Foto: Roslan RAHMAN / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Timnas U-23 Indonesia mengatasi Filipina di matchday ketiga Grup A SEA Games 2021, Jumat (15/5). Ricky Kambuaya menjadi pemain yang mendapat sorotan pelatih Shin Tae-yong.
ADVERTISEMENT
'Garuda Muda' menang besar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, yakni 4-0. Kambuaya memang sama sekali tidak mencetak satu dari empat gol tersebut, tetapi kontribusinya dalam permainan lumayan apik.
Kemenangan Timnas U-23 datang dari Muhamad Ridwan di menit 18 dan Rizky Ridho jelang turun minum, menit 44'. Pada babak kedua, Egy Maulana Vikri mencetak angka di menit 74' dan Marselino Ferdinan juga mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-84.
Timnas Indonesia bersalaman dengan Timnas Filipina dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO
Shin memuji penampilan Kambuaya di lini tengah. Pelatih asal Korea Selatan tersebut bahkan mengatakan performa Kambuaya pada laga melawan Filipina adalah yang terbaik.
"Memang secara keseluruhan Ricky [Kambuaya] membuat performa yang sangat baik," kata Shin usai melawan Filipina.
"Jadi, dari tiga pertandingan, yang terakhir ini Ricky [Kambuaya] memang menampilkan performa yang baik," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Kambuaya adalah pemain yang selalu menjadi starter di Timnas U-23 sejak matchday perdana Grup A SEA Games. Bisa dibilang, Shin memang begitu mempercayai kemampuan pemain 26 tahun itu.
Shin Tae-yong (tengah-baju putih) saat memimpin Timnas U-23 Indonesia menjalani latihan untuk SEA Games 2021 di Vietnam. Foto: Dok. PSSI
Namun, Shin tidak hanya berfokus pada satu pemain. Ia juga memberikan kesempatan bagi pemain muda, misalnya seperti Muhamad Ridwan.
Ridwan menjalani debutnya dengan ciamik dengan mencetak satu gol ke gawang Filipina. Shin mengungkapkan alasan di balik penunjukan penyerang Persik Kediri itu menjadi starter.
"Untuk Ridwan memang dimainkan pertama kali untuk hari ini, tapi kita bisa lihat entry by name SEA Games itu hanya 20 pemain dan tujuan kami adalah juara. Jadi, sampai final itu harus dimainkan semua pemain karena pemain terbatas hanya 20 pemain," tutur Shin.
ADVERTISEMENT
"Jadi, walaupun Ridwan tidak ada pengalaman banyak, mesti diberikan juga untuk motivasi pemain tersebut sekalian memberikan arahan dari tim seperti apa, jadi dimainkan untuk hari ini," tandasnya.
Timnas U-23 untuk sementara berada di posisi kedua klasemen Grup A dengan 6 poin di bawah Vietnam. Selanjutnya, mereka akan melakoni laga terakhir di fase grup melawan Myanmar pada Minggu (15/5) mendatang.