Serie A 2019/20 Kembali Bergulir pada 20 Juni

29 Mei 2020 1:01 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pengumuman penundaan laga AC Milan di San Siro. Foto: Reuters/Flavio Lo Scalzo
zoom-in-whitePerbesar
Pengumuman penundaan laga AC Milan di San Siro. Foto: Reuters/Flavio Lo Scalzo
ADVERTISEMENT
Nasib Serie A 2019/20 akhirnya tidak lagi menjadi tanda tanya. Jumat (29/5/2020), Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, mengumumkan bahwa Serie A musim ini akan dilanjutkan pada 20 Juni 2020.
ADVERTISEMENT
"Komite Sains Pemerintah Italia (CTS) menyetujui protokol pertandingan, tetapi tetap mempertahankan prosedur karantina," ujar Spadafora, dikutip dari laporan Sky Sports Italia.
"FIGC kembali menjelaskan kepada saya tentang rencana B (playoff dan playout) dan rencana C (tidak ada tim juara dan terdegradasi sehingga hanya menentukan tim yang lolos ke kompetisi Eropa musim depan). Kompetisi akan dilanjutkan pada 20 Juni (waktu Italia)," tutur Spadafora.
Serie A menempuh jalan yang cukup rumit untuk mencapai keputusan tersebut. Perdebatan panjang sudah muncul sejak menyusun protokol latihan. Klub-klub Serie A akhirnya bisa berlatih dalam kelompok pada Senin (25/5/2020).
Dua belas klub Serie A sudah menyelesaikan 26 laga ketika musim 2019/20 ditangguhkan. Delapan klub lainnya menuntaskan 25 pertandingan. Kedelapan klub tersebut adalah Inter, Atalanta, Hellas Verona, Parma, Sassuolo, Cagliari, Torino, dan Sampdoria.
ADVERTISEMENT
Hingga kini Juventus masih menjadi pemuncak klasemen sementara berbekal 63 poin. Akan tetapi, keunggulan Si Nyonya Tua tidak mutlak.
Lazio, sang runner up, mengemas 62 poin. Catatan tersebut memastikan persaingan merengkuh scudetto tetap ketat ketika kompetisi dilanjutkan.
Pemain Lazio, Luis Alberto, mengambil sepak pojok. Foto: Reuters/Alberto Lingria
Bukan hanya Serie A yang mendapatkan kejelasan. Coppa Italia pun demikian. Kompetisi ini bakal dilanjutkan sebelum Serie A kembali digelar.
Ketika ditangguhkan, Coppa Italia 2020 sudah menyelesaikan leg pertama babak semifinal. Keempat semifinalis yang memperebutkan tiket final adalah Juventus, Internazionale Milan, AC Milan, dan Napoli.
"Harapan saya, Coppa Italia dapat digelar dalam rentang 13 Juni sampai 20 Juni 2020, sebelum kompetisi Serie A dilanjutkan," jelas Spadafora.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
ADVERTISEMENT