Sejumlah Bobotoh Kecewa Tak Bisa Saksikan Langsung Peluncuran Tim Persib

26 Februari 2020 13:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bobotoh saat mendukung Persib di stadion. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Bobotoh saat mendukung Persib di stadion. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
ADVERTISEMENT
Siapa yang menyangka ada kekecewaan di balik peluncuran tim Persib Bandung? Sejumlah bobotoh tidak bisa menikmati acara ini sebagaimana mestinya.
ADVERTISEMENT
Persib menggelar acara peluncuran tim pada Selasa (25/2/2020) malam WIB di Harris Hotel, Bandung. Peluncuran tim ini harusnya bisa dinikmati oleh bobotoh yang sudah memadati venue.
Namun, sejumlah bobotoh justru tertahan di pintu masuk hotel. Panitia melarang mereka masuk karena tidak mendapatkan izin untuk memasuki venue. Bobotoh pun menyayangkan pembatasan yang dilakukan manajemen Persib.
"Menurut saya pribadi, launching itu mestinya memperkenalkan tim ke suporternya karena tim itu walau milik PT, tidak bisa dilepaskan dari suporternya sendiri," ujar Ginanjar, salah satu bobotoh, dilansir Simamaung.
Bobotoh antre memasuki stadion Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Lebih lanjut, Ginanjar juga menyebut bahwa bobotoh sejatinya turut berperan dalam memajukan Persib. Bobotoh jadi salah satu sumber pendapatan Persib, terutama dalam penjualan tiket laga kandang.
Tidak hanya itu. Bobotoh pun jadi pihak yang turut membeli merchandise klub. Keberhasilan Persib menggaet sponsor juga tidak bisa dilepaskan dari animo bobotoh saat menyaksikan Maung Bandung berlaga.
ADVERTISEMENT
"Semestinya launching itu buat bobotoh umumnya, bukan hanya pihak-pihak tertentu. Kalau secara garis besarnya, Bobotoh sudah dilihat sebelah mata, cuma dimanfaatkan buat kepentingan-kepentingan tertentu saja,” ujar Ginanjar.
Persib memang kerap menggelar acara peluncuran yang sederhana dan terbatas di hotel dalam dua musim terakhir. Pada 2019, peluncuran tim digelar di Hotel Savoy Homann, sedangkan pada 2018, peluncuran tim digelar di Graha Persib.