Segera Jadi WNI, Marc Klok Diharapkan Tambah Kekuatan Timnas Indonesia

5 Oktober 2020 17:38 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain PSM Makassar Marc Klok pada pertandingan melawan Lao Toyota dalam babak penyisihan Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Pemain PSM Makassar Marc Klok pada pertandingan melawan Lao Toyota dalam babak penyisihan Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selangkah lagi, Marc Klok akan resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Melalui akun instagramnya, Klok memberikan isyarat kalau proses perpindahan warga negaranya akan segera rampung.
ADVERTISEMENT
Segera resminya Klok menjadi Indonesia disambut baik oleh PSSI. Dengan begitu, peluang Klok untuk bergabung dengan Timnas Indonesia terbuka lebar.
"PSSI ikut senang Marck Klok telah sudah sah menjadi warga negara Indonesia. Tentu ini hal yang positif bagi PSSI karena Klok bisa saja dipanggil memperkuat Timnas Indonesia," tutur Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, di situs resmi federasi, Senin (5/10).
Marc Klok resmi bergabung dengan Persija Jakarta. Foto: dok. Persija
"Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” tambahnya.
Program naturalisasi memang bukan barang baru di Indonesia. Hingar bingar pemain naturalisasi pecah saat Cristian Gonzales mendapat paspor Indonesia tahun 2010. Tak lama, Gonzales mendapat panggillan membela Timnas di Piala AFF.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, banyak pemain yang dinaturalisasi oleh federasi. Sebut saja, Osas Saha, Alberto Goncalves, hingga Oktavio Dutra. Mereka pun sudah mengenakan jersi berlambang garuda di dada.
Namun, PSSI berujar. Kali ini mereka tidak akan lagi asal dalam naturalisasi. Federasi akan lebih memilah dan memilih siapa yang akan dipindahkan warga negaranya.
“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” tutup Iriawan.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona