Schweinsteiger: Mario Goetze Masih Bisa Bersinar meski Tinggalkan Dortmund

25 Mei 2020 8:56 WIB
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Mario Goetze. Foto: Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Mario Goetze. Foto: Getty Images
ADVERTISEMENT
Bastian Schweinsteiger memberi dukungan untuk mentan kompatriotnya di Timnas Jerman, Mario Goetze. Schweinsteiger berharap Goetze akan menemukan kesuksesan lain setelah meninggalkan Borussia Dortmund.
ADVERTISEMENT
Perjalanan Goetze dan Die Borussen dipastikan berakhir usai musim 2019/20. Goetze sepakat untuk tak memperpanjang kontraknya yang habis pada Juli 2020. Ini adalah kali kedua Goetze meninggalkan Dortmund setelah 2013 pindah ke Bayern Muenchen.
Schweinsteiger menilai masih ada waktu untuk Goetze kembali bersinar. Schweinsteiger tak menyebut secara rinci klub mana yang harus dituju Goetze, tetapi berharap tim itu bisa memberi jam terbang kepadanya.
Mario Goetze dan Bastian Schweinsteiger. Foto: NELSON ALMEIDA / AFP
"Saya pikir sangat, sangat disayangkan. Kita semua tahu bahwa Mario Goetze adalah pemain dengan talenta hebat ketika dia masih muda," kata Schweinsteiger kepada ARD-Sportschau.
"Sekarang dia berusia 27 tahun, itu adalah usia terbaik bagi seorang pesepak bola. Dia tak harus bermain di klub terbaik Eropa. Namun, saya berharap dia akan menemukan tim yang bisa membuatnya banyak bermain," ujar mantan penggawa Manchester United itu.
ADVERTISEMENT
Masa depan Goetze awalnya cukup menjanjikan. Akan tetapi, musim ini pemain berusia 27 tahun tersebut sulit mendapat kesempatan. Pelatih Lucien Favre sepertinya menilai Goetze tak cocok dengan sistem permainannya.
Goetze cuma tampil 20 kali dengan koleksi tiga gol dan satu assist untuk Dortmund. Statistik ini menurun drastis dibandingkan tahun lalu. Goetze tampil 32 kali di Bundesliga dan Liga Champions dengan torehan 7 gol dan 7 assist.
Mario Goetze. Foto: Getty Images
Belum diketahui ke mana Mario Goetze akan melanjutkan langkah. Namun, beberapa rumor menyebut dua klub Serie A, AS Roma dan AC Milan, tertarik menggunakan jasanya.
Akan tetapi, legenda Timnas Jerman, Lothar Matthaeus, meyakini akan lebih baik jika pahlawan Die Mannschaft di final Piala Dunia 2014 itu pindah ke Hertha Berlin jika masih ingin berada di Jerman.
ADVERTISEMENT
"Jika dia bertahan di Bundesliga, Goetze harus pindah ke Hertha Berlin. Ini adalah keputusan paling bijak. Dia bisa mengembangkan permainannya di sana," kata Matthaeus.
===
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!