Sayonara! David Villa Umumkan Bakal Pensiun Akhir Musim Ini

13 November 2019 15:34 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
David Villa. Foto: Tânia Rêgo/ABr via wikimedia commons.
zoom-in-whitePerbesar
David Villa. Foto: Tânia Rêgo/ABr via wikimedia commons.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
David Villa punya karier sepak bola yang cemerlang. Dia pernah memenangi Piala Dunia 2010 dan sempat jadi penyerang di salah satu tim terbaik dunia, Barcelona.
ADVERTISEMENT
Tapi, all that begins must end. Villa memutuskan untuk menutup kariernya sebagai pesepak bola akhir musim J-League 2019 nanti. Hal ini dia umumkan melalui akun Twitter resminya, @Guaje7Villa.
"Saya sudah memikirkan hal ini untuk waktu yang lama," ujar Villa dalam sebuah konferensi pers di Kobe, Jepang, pada Rabu (13/11/2019) yang dilansir AFP.
"Saya ingin pensiun dari sepak bola, bukan dipaksa pensiun dari itu," sambungnya.
David Villa, bagian dari legiun Designated Player. Foto: Adam Hunger/Reuters
Villa akan mengakhiri karier 19 tahunnya bersama tim Jepang, Vissel Kobe. Pemain berusia 37 tahun ini berencana menutup kariernya dengan membantu timnya menjuarai Emperor's Cup.
"Saya ingin menutup karier ini dengan memenangi Emperor's Cup bersama Vissel Kobe pada 1 Januari (2020) nanti," ungkap Villa.
"Selanjutnya, saya akan terus menikmati sepak bola melalui berbagai proyek yang sedang kami kembangkan bersama dengan grup DV7. Terima kasih kepada kalian semua atas dukungan selama ini," lanjut dia.
David Villa setelah pertandingan Spanyol versus Italia tahun 2017. Foto: REUTERS/Sergio Perez
Villa masih akan bermain bersama Vissel Kobe di tiga pertandingan J-League selanjutnya. Selain itu, dia juga masih akan bermain di semi final dan final Emperor's Cup.
ADVERTISEMENT
Villa memulai karier sepak bola profesionalnya di Sporting Gijon tahun 2000 lalu. Dia tampil 36 kali bersama Sporting Gijon B dan berhasil mencetak 14 gol. Setahun setelahnya, Villa mulai tampil bersama tim utama.
Dia membela Gijon dari 2001 sampai 2003. Dia tampil sebanyak 80 kali dan berhasil mengantongi 38 gol. Dia pun pindah ke Real Zaragoza pada 2003. Villa memulai debutnya di La Liga bersama Zaragoza dan bertahan sampai akhirnya diboyong ke Valencia pada 2005 dengan nilai transfer 12 juta euro.
Villa cukup subur saat mengabdi di Valencia. Selama lima tahun bermain di klub itu, Villa tampil sebanyak 166 kali dan berhasil mencetak 108 gol.
David Villa bersama Atletico Madrid. Foto: Carlos Delgado via wikimedia commons.
Hal itu membuat Barcelona terpincut. Villa akhirnya pindah ke Barcelona pada 2010 dengan mahar 40 juta euro. Di Barcelona dia tampil sebanyak 77 kali, mengantongi 33 gol, dan memenangi La Liga serta Liga Champions
ADVERTISEMENT
Setelah tiga tahun bermain bersama Lionel Messi, Villa akhirnya pindah ke Atletico Madrid. Dia bermain bersama Atletico selama setahun sebelum akhirnya pindah ke New York City FC di Amerika Serikat pada 2014. Villa bersama tim New York City FC selama empat tahun dan akhirnya pindah ke Vissel Kobe pada 2018.
Karier internasional Villa tak kalah cemerlang. Dia bermain sebanyak 98 kali untuk Spanyol dan berhasil mempersembahkan trofi Piala Eropa 2008 serta Piala Dunia 2010.