Ronaldo dan Ramsey Bantu Juventus Bekuk SPAL

23 Februari 2020 2:03 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang SPAL Foto: Alberto Lingria
zoom-in-whitePerbesar
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang SPAL Foto: Alberto Lingria
ADVERTISEMENT
Juventus sukses membawa pulang tiga poin di pekan 25 Serie A 2109/20. Melawat ke markas SPAL di Stadio Paolo Mazza, Minggu (23/2) dini hari WIB, 'Si Nyonya Tua' menang dengan skor 2-1.
ADVERTISEMENT
Gol-gol kemenangan Juventus di laga ini dicatatkan atas nama Cristiano Ronaldo (39') dan Aaron Ramsey (62'). Untuk SPAL, mereka mencetak gol melalui sepakan penalti Andrea Petagna (72')
Atas hasil ini, Juventus mengantongi 60 poin dan unggul empat angka dari Lazio sebagai pesaing terdekat. Di satu sisi, SPAL masih tak beranjak dari dasar klasemen dengan raihan 15 poin.
***
Maurizio Sarri masih mengedepankan wadah 4-3-3 yang ditopang dengan susunan pemain utama. Blaise Matuidi dan Aaron Ramsey menopang lini tengah sebagai pendistribusian bola bagi Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, dan Juan Cuadrado.
Yang cukup mencuri perhatian adalah Giorgio Chiellini, yang pekan lalu jadi pemain pengganti setelah kembali dari cedera bermain sejak menit awal. Sang kapten berduet dengan Daniele Rugani di jantung pertahanan.
ADVERTISEMENT
***
Meski menghadapi tim juru kunci, Juventus tak lantas leluasa di pertandingan ini. Memang, sih, saat laga berjalan empat menit Ronaldo sudah membobol gawang SPAL. Tapi, upayanya mencetak gol ke-11 secara beruntun di Serie A meski terjebak offside setelah wasit meninjau via tayangan VAR.
Setelahnya, gantian Ramsey, Cuadrado, dan Ronaldo mendapat peluang. Pertama hadir melalui sundulan, kedua melalui sepakan jarak jauh, dan ketiga melalui akselerasi. Tapi hasilnya masih belum berujung gol.
Juventus nyaris membuka angka di laga ini pada menit ke-37. Dybala yang melakukan akselerasi dari luar kotak penalti melepaskan sepakan jarak jauh. Sial bagi pemilik nomor punggung 10 ini, upayanya mengenai mistar gawang.
Gol yang ditunggu akhirnya tiba bagi Juventus pada menit ke-39. Cuadrado yang memberikan umpan silang pada Ronaldo sukses dikonversi menjadi gol. Skor 1-0 Juventus unggul.
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat menjalani pertandingan melawan SPAL Foto: Alberto Lingria
Kembali dari ruang ganti, Ronaldo membikin lini pertahanan SPAL dalam masalah besar. Kerja samanya dengan Danilo nyaris menambah pundi-pundi gol Juventus. Beruntung bagi tuan rumah sepakan pemain Timnas Portugal itu masih di tepi kiri gawang.
ADVERTISEMENT
SPAL yang terus tertekan akhirnya mendapat celah via serangan balik. Akan tetapi, upaya Gabriel Strefezza masih mampu diredam lini belakang Juventus.
Selepas satu jam jalannya laga, Juventus melakukan penyegaran dengan mengganti pemain. Matthijs de Ligt masuk menggantikan Chiellini yang dinilai masih belum prima.
Tak berselang lama dari pergantian pemain, Juventus kembali unggul pada menit ke-60. Adalah Ramsey yang menjadi aktornya usai memanfaatkan akselerasi Dybala menyisir sisi kiri pertahanan SPAL. Skor 2-0 Juventus menggandakan kedudukan.
SPAL merespons gol tersebut 12 menit setelahnya. Tertinggal dua gol, anak-anak asuh pelatih Luigi Di Biagio mulai melupakan lini belakang dan bermain terbuka.
Hasilnya lini belakang sedikit gugup mengantisipasi gelombang serangan SPAL yang cukup intens selama 10 menit terakhir. Sampai akhirnya, Daniele Rugani melakukan pelanggaran terhadap Daniele Rugani.
ADVERTISEMENT
Wasit Federico La Penna sempat meninjau tayangan VAR untuk mengambil keputusan. Akan tetapi, pada akhirnya sang pengadil memutuskan sepakan 12 pas untuk SPAL dan dieksekusi dengan baik oleh Andrea Petagna. Skor 2-1 SPAL memangkas jarak.
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, saat berduel dengan pemain SPAL, Mattia Valoti. Foto: Alberto Lingria
Juventus kembali menekan setelah SPAL sukses menipiskan kedudukan. Beberapa peluang hadir dan dua di antaranya melalui Ronaldo dari sepakan jarak jauh dan bola mati. Sayang upaya itu masih gagal karena melebar dan mengenai tiang.
Di sisa waktu, Juventus kian masif melancarkan serangan. Akan tetapi, skor 2-1 menjadi hasil di laga Juventus versus SPAL.