PSSI Rancang Timeline Penerapan VAR untuk Liga 1 2021

20 Februari 2020 12:48 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada acara Member Development Program PSSI, Bali, Minggu (26/1/2020). Foto: Dok. PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan pada acara Member Development Program PSSI, Bali, Minggu (26/1/2020). Foto: Dok. PSSI
ADVERTISEMENT
VAR segera hadir di Indonesia. Dalam agenda 'VAR Kick Off Meeting', Rabu (19/2/2020), PSSI menyatakan bahwa perangkat tersebut ditargetkan bisa digunakan pada Liga 1 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Agenda itu sendiri salah satunya membahas lini masa (timeline) persiapan penggunaan VAR. Perwakilan Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) dan FIFA hadir pada pertemuan ini guna melakukan asistensi.
Beberapa di antaranya adalah Dirk Schlemmer (Head of Football Service IFAB), Michael Bossler (FIFA Refereeing Departement), dan Bhaveshan Moorghen (FIFA Football Technology Innovation).
Keputusan pembatalan gol lewat VAR ditampilkan di layar besar. Foto: Reuters/David Klein
"Kami berharap persiapan bisa berjalan dengan lancar sehingga teknologi VAR bisa kita implementasikan pada kompetisi Liga 1 musim 2021 mendatang," kata wakil ketua PSSI, Cucu Somantri.
"Implementasi VAR adalah salah satu upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi. Muaranya adalah kemajuan sepak bola Indonesia," tutur dia.
Menurut Sekjen PSSI, Ratu Tisha, persiapan VAR akan dimulai dari pelatihan SDM (termasuk wasit), penerapan teknologi, survei stadion, hingga time plan menuju 2021.
ADVERTISEMENT
Terkait implementasinya, ada enam tahapan besar yang mesti dijalani, yaitu perencanaan, persiapan, offline, line (non competition), persetujuan, dan live competition.
VAR di Piala Dunia 2018. Foto: Reuters/Sergio Perez
Walau begitu, butuh waktu sekitar 9 hingga 12 bulan agar penggunaan VAR bisa disetujui. Di masa itu, ada lima tahapan lain yang juga mesti dijalani oleh PSSI dan pihak terkait.
Tahap 1: Initial consideration yang saat ini sedang terjadi antara IFAB dan PSSI (1,5 - 3 bulan). Tahap 2: VAR agreement (1 - 2 bulan), Tahap 3: Preparation and training (6 bulan), Tahap 4: Approval (1 bulan). Tahap 5: Monitoring.