PSSI Pelajari Dokumen Jordi Amat Agar Kasus Marc Klok Tak Terulang

29 November 2021 12:14 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jordi Amat saat bermain di Rayo Vallecano. Foto: Lluis Gene/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Jordi Amat saat bermain di Rayo Vallecano. Foto: Lluis Gene/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PSSI mulai sangat selektif dan hati-hati dalam melakukan naturalisasi. Mereka tak ingin lagi kejadian naturalisasi yang dialami Marc Klok kembali terulang.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, saat Jordi Amat memberikan dokumen terkait naturalisasi, PSSI mempelajari dengan hati-hati. Melalui Anggota Exco PSSI yang mengurusi proses naturalisasi yakni Hasani Abdulgani, pihaknya tak ingin terlalu terburu-buru untuk memberikan kewarganegaraan untuk Jordi Amat.
"Kalau dilihat kan ibunya Belanda Indonesia. Kami belajar dari kasus Marc Klok, jadi kami juga tidak terburu-buru. Kenapa agak lambat karena kami sedang mempelajari dokumennya," ucap Hasani saat berbincang dengan kumparan, Senin (29/11).
Pemain PSM Makassar Marc Klok usai pertandingan melawan Lao Toyota dalam babak penyisihan Piala AFC 2019 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (13/3). Foto: Nugroho Sejati/kumparan
"Kami pernah pengalaman, nah pengalaman itu jangan kami ulangi lagi membuat salah. Jadi dokumen menjadi penting, kalau segala dokumennya clear yang lainnya akan mudah. Untuk kasus Jordi dokumennya tengah dipelajari oleh pihak federasi," tambahnya.
Kasus Marc Klok memang menjadi pelajaran untuk PSSI. Pemain yang kini membela Persib itu sah menjadi WNI pada November tahun lalu. Namun, Klok belum bisa memperkuat Timnas Indonesia hingga tahun depan.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, Klok tak bisa menunjukkan dokumen perihal keturunannya dari Indonesia. Oleh karena itu, Klok baru bisa mengenakan seragam 'Merah Putih' saat sudah lima tahun berada di Indonesia atau tepatnya April mendatang.