PSSI Pastikan Liga 1 & 2 2020 Lanjut, Siapkan Opsi Kompetisi

14 Oktober 2020 15:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rapat Darurat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru di Hotel Fairmont, Senin (16/3). Foto: PSSI
zoom-in-whitePerbesar
Rapat Darurat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru di Hotel Fairmont, Senin (16/3). Foto: PSSI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
PSSI, PT LIB, dan seluruh kontestan Liga 1 dan Liga 2 2020 menggelar rapat darurat. Kegiatan itu bertujuan untuk memastikan kelanjutan kompetisi sepak bola nasional.
ADVERTISEMENT
Hasilnya, seluruh elemen sepakat kompetisi berlanjut. Hanya, saat langkah tersebut akan dilakukan, mentok oleh perizinan kepolisian.
PSSI, PT LIB, dan klub-klub sepakat untuk saling respek dengan putusan tersebut. Hal yang akan dilakukan selanjutnya mencari solusi agar kompetisi tak mati suri musim ini.
Pelaksana Tugas Sekjen PSSI, Yunus Nusi, mengatakan federasi menyiapkan sejumlah opsi. Satu yang pasti kompetisi dipastikan akan berlanjut.
"Jika kompetisi 1 November tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar,'' tutur Yunus dikutip dari laman PSSI, Ranu (14/10/2020).
''Jika itu belum diizinkan karena alasan izin keramaian terkait Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai pada 1 Januari 2021. Mudah-mudahan aspirasi klub agar kompetisi kembali digelar bisa menjadi kenyataan,'' dia menambahkan.
Rapat Darurat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru di Hotel Fairmont, Senin (16/3) Foto: PSSI
Namun demikian, jika kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bergulir lintas tahun, PSSI berencana akan merevisi sistem. Bila semula formatnya liga, opsi dua wilayah akan dilakukan.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa sebab. Pasalnya, lanjut Yunus, pada 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.
''Intinya kompetisi lanjutan tahun 2020 ini akan diteruskan. Apakah mulai 1 November, 1 Desember atau 1 Januari 2021,'' dia menutup.
---