PSSI Jelaskan Faktor Ezra Walian Belum Bisa Bela Timnas Indonesia

20 April 2021 17:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ezra Walian. Foto: Alan Kusuma/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ezra Walian. Foto: Alan Kusuma/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Harapan publik untuk kembali melihat Ezra Walian membela Timnas Indonesia kian menguar, terutama setelah jebolan Ajax Amsterdam itu tampil apik bersama Persib Bandung di Piala Menpora 2021. Sayangnya, ada penghalang bagi Ezra untuk kembali berkostum 'Garuda'.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, Ezra terganjal aturan FIFA untuk tampil membela Timnas Indonesia sejak Kualifikasi Piala Asia U-23 2019. Sebab, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) mengirim memorandum ke AFC bahwa Ezra pernah membela Timnas Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014.
Alhasil, Ezra tak bisa memperkuat Timnas Indonesia pada laga-laga agenda resmi FIFA, termasuk Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, pemain yang resmi menjadi WNI sejak 2017 itu masih berkesempatan main di SEA Games Vietnam 2021 karena bukan ajang resmi FIFA.
Ezra Walian. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menjelaskan soal perkembangan polemik Ezra. Ia menekankan bahwa PSSI telah berupaya agar pemain keturunan Belanda tersebut bisa membela Timnas Indonesia.
"PSSI telah berupaya untuk meloloskan Ezra. Bahkan sebenarnya, dengan regulasi yang baru, status case pemain seperti Ezra dimungkinkan untuk change of association," kata Yunus kepada kumparan, Selasa (20/4).
ADVERTISEMENT
Lantas, apa lagi yang menjadi penghalang Ezra Walian membela Timnas Indonesia? Lebih lanjut, Yunus Nusi memberi penjelasannya.
"Namun, terdapat satu klausa yang menyatakan bahwa proses change of association hanya boleh dilakukan sekali saja untuk setiap pemain, apa pun keputusan FIFA terhadap permohonannya tersebut," terang Yunus.
Surat FIFA kepada PSSI terkait status kewarganegaraan Ezra Walian. Foto: kumparan
"Asumsinya, dengan Ezra sudah melakukan proses change of association di tahun 2019 lalu dan telah diputuskan oleh FIFA, maka yang bersangkutan tidak lagi bisa change of association. Namun demikian, kami tetap akan mengkomunikasikan dengan FIFA," lanjutnya.
Sebelumnya, Ezra sempat memperkuat Timnas U-23 asuhan Luis Milla di ajang SEA Games 2017 dan menjadi bagian ketika meraih medali perunggu.
***