PSSI Agendakan Seluruh Pemain Liga 1 hingga Liga 3 Jalani Rapid Test

9 April 2020 17:11 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

PSSI dan Kemenpora membahas penundaan Liga 1 dan Liga 2 di Stadion Batakan, Balikpapan. Foto: Dok. PSSI
PSSI dan Kemenpora membahas penundaan Liga 1 dan Liga 2 di Stadion Batakan, Balikpapan. Foto: Dok. PSSI
ADVERTISEMENT

Melalui sepak bola, PSSI ingin ikut membantu pemerintah menekan penyebaran virus corona di Indonesia. Teraktual, dalam rapat dengar pendapat dengan virtual dengan DPR, federasi berencana menggelar rapid test COVID-19 terhadap pelaku sepak bola Tanah Air.

ADVERTISEMENT

Menggandeng Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan tiap provinsi, PSSI memberlakukan syarat yang cukup mudah. Caranya, setiap pemain dan ofisial klub, membawa surat keterangan bebas COVID-19.

"PSSI juga mengimbau kepada seluruh klub untuk melakukan skrining kesehatan terhadap para pemainnya. Memberikan edukasi terhadap seluruh elemen terkait penekanan penyebaran virus corona baik di lingkup klub Liga 1, Liga 2, hingga Liga 3," tutur Ketum PSSI, Mochamad Iriawan

"Selain itu, kami juga mengimbau agar klub melakukan penyemprotan disinfektan di kantor-kantor, mes pemain, dan juga tempat latihan. Minimal  dua hari sebelum nantinya latihan diperbolehkan digelar," dia menambahkan.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Petugas kesehatan mengambil sampel darah seorang pengendara untuk test virus corona, di Bogor, Selasa (7/4). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Pria yang karib disapa Iwan Bule itu menambahkan bahwa selain para pemain, lingkup kerja PSSI juga akan melakukan kegiatan yang sama. Nantinya, para pengurus serta karyawan PSSI akan menjalani rapid tes COVID-19 sebelum bekerja. Selain itu, sambung Iwan, PSSI juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di area perkantoran. 

ADVERTISEMENT

"Untuk karyawan PSSI, sepekan sebelum diizinkannya masa kerja kembali oleh pemerintah akan dilakukan rapid test dan penyemprotan," kata Iwan.

Show more

Hingga saat ini, seluruh kontestan Liga 1 hingga Liga 3 mesti mendapat penangguhan kompetisi dari PSSI. Melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan federasi pada 27 Maret lalu, kompetisi disetop hingga Juni mendatang.

Adapun untuk kegiatan perkantoran PSSI, mengikuti kebijakan pemerintah. Sejak tengah bulan lalu, seluruh karyawan sudah bekerja di rumah hingga waktu yang belum ditentukan.

***

kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!

Yamaha Musik ID