Juventus

Presiden Cagliari: Tak Lama Lagi Allegri Akan Melatih Klub di Luar Italia

31 Mei 2020 2:27 WIB
comment
10
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Allegri. Foto: Reuters/Alessandro Bianchi
zoom-in-whitePerbesar
Allegri. Foto: Reuters/Alessandro Bianchi
ADVERTISEMENT
Bukan klub Italia yang dikabarkan bakal menjadi tujuan terbaru Massimiliano Allegri. Menurut Presiden Cagliari, Tommaso Giulini, Allegri berencana untuk mencoba melatih klub di luar Italia.
ADVERTISEMENT
Cagliari dan Allegri memiliki cerita. Pada 1993 hingga 1995, Allegri berstatus sebagai pemain Cagliari. Pada 2008 sampai 2010, Allegri mengemban tugas melatih Cagliari.
Giulini ingin cerita tersebut berlanjut. Ia meminta Allegri untuk menukangi Cagliari tepat di musim ke-100 klub ini. Dari penawaran inilah Giulini mengetahui bahwa Allegri sedang menyusun rencana untuk melatih di luar Italia.
Musim perdana Allegri di Juventus dengan scudetto. Foto: ANDREAS SOLARO / AFP
"Saya nekat menghubungi Allegri sekitar akhir Januari [2020] demi menawarkan jabatan pelatih. Sejak itu saya menyadari bahwa keinginan saya mustahil terwujud," jelas Giulini kepada Sky Sports Italia, dilansir Goal.
"Massimiliano menjelaskan bahwa ia akan bertualang ke luar negeri meski pada dasarnya ia tersanjung dengan tawaran untuk melatih Cagliari di musim ke-100 tim," lanjut Giulini.
ADVERTISEMENT
Gelagat Allegri untuk melanjutkan karier di luar Italia sudah tercium sejak akhir 2019. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa sekarang ia fokus belajar bahasa Inggris.
Pernyataan tersebut melahirkan berbagai spekulasi. Terlebih, beberapa waktu terakhir ia dikait-kaitkan dengan kontestan Premier League, Newcastle United, yang sedang melakoni proses akuisisi.
Bukan cuma Newcastle yang disebut-sebut sebagai klub tujuan Allegri. Manchester United juga dikabarkan tengah membidik mantan pelatih Juventus ini.
Spekulasi ini melahirkan pro dan kontra. Di satu sisi, Allegri dianggap tidak cocok berada di United karena pada dasarnya ia bukan pelatih yang identik dengan filosofi taktik.
Kesuksesannya di Juventus adalah hasil dari kepiawaian meneruskan pekerjaan Antonio Conte. Dengan kata lain, Conte-lah yang merombak Juventus besar-besaran.
ADVERTISEMENT
Sebagian pihak menganggap, Allegri seharusnya datang ke Old Trafford ketika United sudah memiliki fondasi dan filosofi yang kokoh.
Max Allegri diguyur air pada pesta Scudetto Juventus. Foto: Reuters/Massimo Pinca
Di sisi lain, Allegri dipandang pantas karena berhasil mengasah Paul Pogba menjadi pemain seperti sekarang. Artinya Allegri punya pengalaman membentuk pemain-pemain yang awalnya biasa saja menjadi superstar.
Selain melatih klub Premier League, Allegri dekat dengan isu melatih klub Ligue 1. Adalah Paris Saint-Germain (PSG) yang diprediksi menjadi labuhan terbarunya.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit smartTV dan 2 jersi original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.