Pochettino Akui Spurs Kesulitan di Babak Pertama

11 Agustus 2019 3:33 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tottenham Hotspur vs Aston Villa Foto: REUTERS/Eddie Keogh
zoom-in-whitePerbesar
Tottenham Hotspur vs Aston Villa Foto: REUTERS/Eddie Keogh
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tottenham Hotspur berhasil meraih tiga angka di pekan perdana Premier League 2019/20. Menghadapi Aston Villa di Tottenham Stadium pada Sabtu (10/8/2019), Spurs menang 3-1.
ADVERTISEMENT
Spurs sempat tertinggal pada menit kesembilan melalui gol yang dibuat John McGinn. Lewat serangan balik cepat, McGinn berhasil memenangi adu lari dengan Danny Rose sebelum menaklukkan Hugo Lloris.
Spurs tersengat setelah gawangnya kebobolan. Serangan pun semakin ditingkatkan untuk bisa membuat gol penyama kedudukan. Tapi, The Lilywhites' gagal membobol gawang Aston Villa yang dikawal Tom Heaton di sepanjang paruh pertama.
Minimnya kreativitas lini tengah Spurs membuat gol urung tercipta. Lini belakang Villa yang rapat juga membuat Spurs kewalahan. Kesulitan ini yang diakui oleh pelatih Spurs, Mauricio Pochettino.
"Kami kebobolan dengan cepat dan kami kebingungan untuk memulai pertandingan dengan ciri khas kami. Kami tidak mengalirkan bola dengan cepat untuk menemukan ruang di pertahanan lawan," ujar Pochettino dilansir BBC.
ADVERTISEMENT
Tanguy Ndombele selamatkan Spurs dari kekalahan. Foto: EDDIE KEOGH
Perubahan terjadi di babak kedua. Spurs bermain lebih tenang dan sabar untuk bisa membongkar pertahanan Villa. Masuknya Christian Eriksen di menit ke-64 juga menambah kreasi dari lini tengah Spurs.
Eriksen memang tak membuat gol atau assist di laga ini. Tapi, pergerakan serta umpan-umpannya bisa membelah pertahanan rapat Villa.
Tercatat, Eriksen sukses melakukan tiga umpan kunci dan tiga upaya ke arah gawang. Pemain asal Denmark itu juga sukses melepaskan 24 umpan dengan akurasi mencapai 79%.
"Keberadaan Eriksen sangat berpengaruh. Dia mampu menyegarkan lini tengah. Dengan kualitasnya, ia membantu tim untuk meraih kemenangan," ujar Pochettino
"Di babak kedua, kami bisa memulai pertandingan dengan lebih tenang dan lebih sabar. Kami tampil sangat baik," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Tottenham Hotspur vs Aston Villa Foto: REUTERS/Eddie Keogh
Spurs memang sangat menguasai jalannya pertandingan. Menurut catatan Whoscored, runner up Liga Champions 2018/19 itu memenangi 70% penguasaan bola. Spurs juga sukses mencatatkan 31 upaya dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang.
Kemenangan serta tiga angka di pekan pertama ini penting bagi Spurs karena mereka akan melakoni laga berat pada pekan kedua. Harry Kane dan kolega akan bertandang ke Etihad Stadium, markas Manchester City, pekan depan.