Piala Gubernur Jatim: Tundukkan Arema FC, Persebaya Melaju ke Final

18 Februari 2020 17:25 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
David Da Silva merayakan gol yang dia cetak ke gawang Arema FC. Foto: dok. Persebaya
zoom-in-whitePerbesar
David Da Silva merayakan gol yang dia cetak ke gawang Arema FC. Foto: dok. Persebaya
ADVERTISEMENT
Persebaya Surabaya berhasil menjejak babak final Piala Gubernur Jatim 2020 guna bersua Persija Jakarta. Hasil ini didapat setelah pada Selasa (18/2/2020) sore WIB, mereka menang 4-2 atas Arema FC.
ADVERTISEMENT
Meski menang, Persebaya sejatinya tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Johan Alfarizi pada menit ke-3. Gol cepat ini jadi bukti bahwa justru Arema yang memulai laga dengan gemilang. Menurunkan skema 4-4-2, mereka menerapkan pressing ketat sejak awal dan menyerang lewat bola-bola direct.
Walau begitu, Arema tak mencetak gol lewat skema tersebut. Gol mereka berawal dari sepakan Oh In-kyun yang berujung rebound sebelum diteruskan Johan Alfarizi menjadi gol.
Setelah unggul, Arema terus menerapkan skema serupa. Namun, pressing yang mereka peragakan kali ini cenderung barbar. Alhasil, Jonatan Bauman mendapat kartu merah pada menit ke-19.
Dari sini situasi Arema memburuk meski mereka unggul satu gol. Terlebih, Persebaya yang tampil dengan pakem dasar 4-3-3 mulai agresif menyerang.
ADVERTISEMENT
Gol penyama kedudukan lantas mereka peroleh lewat David Da Silva pada menit ke-28. Aksi solo run-nya berhasil mengelabui dua pemain Arema sebelum menceploskan bola ke gawang Kartika Aji.
Memasuki pertengahan babak pertama, Persebaya yang unggul jumlah pemain masih dominan. Hal ini bahkan meningkat setelah mereka memasukkan Mahmoud Eid pada menit ke-31.
Namun, baru pada pengujung babak pertama mereka mencetak gol keunggulan. Pelakunya? Eid. Dia mencetak gol lewat sundulan setelah berduel dengan kiper Arema. Untuk sementara, skor 2-1.
Pada babak kedua, Persebaya belum ingin berhenti. Ini terlihat dari dimasukkannya Irfan Jaya pada menit ke-53. Semenit berselang, Irfan bahkan langsung mencetak gol lewat sepakan kaki kanan.
Dari situ, Persebaya kian di atas angin. Di sisi lain, Arema yang kini tertinggal memasukkan Hari Yudo. Bukannya mencetak gol, Yudo malah mendapat kartu kuning semenit setelah berada di lapangan.
ADVERTISEMENT
Kartu kuning tersebut jadi bukti bahwa laga kian intens. Pada menit ke-60, kartu merah kedua pada laga ini kembali tercipta. Kali ini, pemain Persebaya lewat nama Abu Rizal yang memperolehnya.
Laga pun menyisakan 10 orang lawan 10 orang. Ini membuat Arema kembali berani melancarkan tekanan. Namun, mereka malah kebobolan lewat sundulan Da Silva di menit ke-70.
Oleh karena itu, gol yang mereka cetak tiga menit berselang lewat Elias Alderete seakan tiada artinya lantaran sudah bobol empat kali. Skor kini 4-2 untuk keunggulan Persebaya.
Di pengujung pertandingan, kedua tim saling serang. Walau begitu, tak ada gol tambahan tercipta. Dengan begini, kemenangan jadi milik Persebaya.