Pemanasan Jelang SEA Games, Timnas U-23 Jajal Turnamen di China

7 Oktober 2019 16:39 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri (keempat kiri), memberikan arahan saat latihan di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
zoom-in-whitePerbesar
Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri (keempat kiri), memberikan arahan saat latihan di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Trofi CFA Team China Chongqing Three Gorges Bank Cup International Football Tournament 2019 menjadi target terdekat Timnas U-23 Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pada Senin (7/10/2019) pagi WIB, 26 pemain bertolak ke Negeri Tirai Bambu. Di turnamen tersebut, mereka akan berlaga melawan China, Yordania, dan Arab Saudi.
Para penggawa Timnas U-23 menjalani rangkaian latihan sejak 2 hingga 5 Oktober. Latihan fisik, strategi, hingga detail taktik seperti pola menyerang dan bertahan menjadi menu rutin yang dilahap Egy Maulana Vikri dan kolega.
Sejumlah pemain Timnas U-23 Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Foto: Alan Kusuma/kumparan
Turnamen di China ini dipakai sebagai ajang pemanasan Timnas U-23 sebelum berlaga di SEA Games pada November hingga Desember 2019. Gelaran ini juga menjadi salah satu dari rangkaian proses seleksi untuk memutuskan skuat final yang akan diberangkatkan ke Filipina.
''Di China nanti kami ingin melihat pemain-pemain yang belum banyak bermain pada pertandingan internasional. Di situ kami bisa melihat mental dan kesiapan mereka untuk menghadapi lawan-lawan yang lebih baik daripada di kompetisi kita,'' kata asisten pelatih Timnas U-23, Nova Arianto, Senin (7/10).
ADVERTISEMENT
''Jadi saya rasa ini bisa jadi ajang mereka untuk ujuk gigi dan memberikan nilai positif mereka kepada kami,'' tambahnya.
Di gelaran yang berlangsung pada 9 hingga 13 Oktober 2019 ini, empat dari 30 pemain yang sebelumnya menjalani pemusatan latihan harus menepi karena cedera.
Sejumlah pemain Timnas U-23 Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019). Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Mereka adalah Todd Rivaldo Ferre (gelandang Persipura), Septian Bagaskara (penyerang Persik), Osvaldo Ardiles Haay (penyerang Persebaya), serta Rifad Marasabessy (bek kanan PS Tira-Persikabo).
Kendati demikian, keempat pemain tersebut masih berpeluang mentas di SEA Games. Selepas mengikuti turnamen di China, Timnas U-23 masih akan kembali menjalani pemusatan latihan untuk kembali mencari nama terbaik.
''Kalau dua pemain itu [Todd dan Septian] memang tak ikut serta karena kondisi mereka sudah tidak memungkinkan. Sebenarnya ada dua lagi yang diragukan, Osvaldo dan Rifad yang cedera, tetapi masih dalam penanganan tim dokter dan kami akan cek dulu kesiapan mereka seperti apa,'' kata Nova.
ADVERTISEMENT