'Meriam Muda' Arsenal Meledak di Laga versus Bournemouth

28 Januari 2020 8:30 WIB
comment
10
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Para pemain Arsenal merayakan gol, Eddie Nketiah, ke gawang Bournemouth. Foto: Reuters/John Sibley
zoom-in-whitePerbesar
Para pemain Arsenal merayakan gol, Eddie Nketiah, ke gawang Bournemouth. Foto: Reuters/John Sibley
ADVERTISEMENT
Arsenal berhasil mengalahkan Bournemouth 2-1 dalam laga babak keempat Piala FA 2019/2020, Selasa (28/1/2020) dini hari WIB. Pemain-pemain muda Arsenal memegang peranan besar di partai tersebut.
ADVERTISEMENT
Ada lima pemain muda yang diturunkan pelatih Arsenal, Mikel Arteta. Mereka adalah Eddie Nketiah (20), Joe Willock (20), Matteo Guendouzi (20), Gabriel Martinelli (18), dan Bukayo Saka (18).
Penampilan mereka tak mengecewakan. Dua gol Arsenal bahkan dikreasikan oleh tiga dari lima pemain tersebut. Gol pertama dicetak Saka usai memanfaatkan sodoran Martinelli. Sementara, gol kedua terjadi via umpan silang Saka yang diselesaikan Nketiah.
Dari situ, Arteta memberikan aplaus kepada pemain-pemain mudanya. Eks asisten pelatih Manchester City ini bahkan menyatakan bahwa pemain-pemain mudanya adalah kepingan penting dari Arsenal.
Lima pemain muda andalan Arsenal dalam satu bingkai. Foto: Reuters/John Sibley
“Saya pikir mereka (pemain muda Arsenal) mengeksekusi apa yang telah kami rencanakan dengan baik. Mereka memiliki keberanian untuk bermain dan membuat keputusan,” kata Mikel Arteta, dilansir situsweb resmi Arsenal.
ADVERTISEMENT
“Mereka adalah bagian penting dari Arsenal. Mereka bukan sekadar pemanis, tidak. Mereka mungkin kepingan inti dari tim kami pada saat ini. Mereka bermain dengan penuh tanggung jawab, dan saya sangat menyukai itu,” tambah Arteta.
Yang lebih menyenangkan lagi, tiga dari lima pemain muda Arsenal itu berasal dari Inggris. Mereka adalah Saka, Willock, dan Nketiah. Bukan tak mungkin ketiga pemain itu bisa menjadi wakil Arsenal di Timnas Inggris di waktu yang akan datang.
Arteta menyatakan kepuasannya atas penampilan Saka, Willock, dan Nketiah. Menurut sang pelatih, ketiga pemuda Inggris itu tak takut untuk bermain di level tertinggi.
“Mereka luar biasa. Mereka bekerja dengan baik. Buat saya, mereka berani untuk membuat keputusan besar. Itulah kelebihan tiga pemuda Inggris tersebut.”
ADVERTISEMENT
Gol pemain Arsenal, Eddie Nketiah, ke gawang Bournemouth. Foto: Reuters/John Sibley
Menyoal Nketiah, pemain yang berposisi sebagai penyerang itu sejatinya baru kembali ke Arsenal pada Januari 2020 ini setelah menjalani masa peminjaman di Leeds United. Kiprah Nketiah bersama Leeds kurang memuaskan, tetapi golnya di laga melawan Bournemouth ini menunjukkan kemampuannya.
Nah, penyerang utama Arsenal, Alexandre Lacazette, tumpul belakangan ini. Boleh jadi, Nketiah bakal menggeser posisi Lacazette di laga Premier League.
Arteta menyatakan bahwa Nketiah memiliki kemampuan mencetak gol yang oke. Namun, pelatih berusia 37 tahun itu enggan memastikan apakah Nketiah bakal lebih banyak terlibat atau tidak.
“Anda lihat ia (Nketiah) bermain melebar dan tiga detik kemudian ia ada di tengah untuk mencetak gol. Itulah mengapa ia bisa mencetak gol. Ia selalu berada di tengah dan siap untuk mencetak gol. Pergerakan tanpa bolanya memang bagus,” pungkas Arteta.
ADVERTISEMENT