Menanti Pendar Calvert-Lewin di Timnas Inggris

8 Oktober 2020 12:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pemain Everton Dominic Calvert-Lewin saat pertandingan melawan Aston Villa pada putara keempat Piala Carabao di Goodison Park, Liverpool, Inggris. Foto: Alex Livesey/REUTERS
zoom-in-whitePerbesar
Pemain Everton Dominic Calvert-Lewin saat pertandingan melawan Aston Villa pada putara keempat Piala Carabao di Goodison Park, Liverpool, Inggris. Foto: Alex Livesey/REUTERS
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Everton sukses mencuri perhatian publik sepak bola. The Toffees berhasil menyapu bersih kemenangan dalam empat pertandingan awal Liga Inggris. Catatan itu membuat Everton bercokol di posisi puncak klasemen dengan raihan 12 angka.
ADVERTISEMENT
Pasukan Carlo Ancelotti juga cukup produktif. Ada kemasan 12 gol yang dibuat dalam empat laga yang sudah dimainkan. Itu artinya, ada rata-rata tiga gol yang dibuat Everton per pertandingannya di Liga Inggris.
Bicara soal produktifnya Everton, kita tentu tidak bisa menghilangkan nama Dominic Calvert-Lewin. Seiring kesuksesan Everton, Calvert-Lewin juga berpendar.
Hingga saat ini, Calvert-Lewin sukses mengemas sembilan gol untuk Everton di lintas ajang. Rincinya, Calvert-Lewin sukses membuat enam gol di Liga inggris dan tiga gol di Piala Liga.
Calvert-Lewin memang memiliki atribut sebagai penyerang yang cukup komplet. Tubuhnya yang tinggi membuatnya jago dalam berduel menyundul bola. Selain itu, Calvert-Lewin juga memiliki kecepatan untuk bisa menemukan posisi.
Nah, selama dilatih Carlo Ancelotti. Calvert-Lewin semakin lihai menempatkan posisi. Dirinya tinggal memilih berada di tiang jauh atau tiang dekat untuk menerima bola.
ADVERTISEMENT
Golnya menghadapi Brighton and Hove Albion di pekan keempat Liga Inggris menjadi bukti. Calvert-Lewin berdiri di tiang jauh untuk menanduk bola hasil umpan silang Gylfi Sigurdsson.
Dominic Calvert-Lewin mencetak gol ke gawang Chelsea. Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington
Menariknya, dari enam gol yang dibuat Calvert-Lewin di Liga Inggris, semua diciptakan dari dalam kotak penalti.
Faktor lain yang menunjang penampilan apik dari Calvert-Lewin adalah suplai dari rekan-rekannya. Ya, James Rodriguez dan Sigurdsson sangat cermat melihat posisi dari Calvert-Lewin. Ditambah umpan-umpan yang memanjakan membuat Calvert-Lewin gampang untuk membuat gol. Sebab, tiga dari enam gol yang dibuat oleh Calvert-Lewin berasal dari sundulan kepala.
Berkat penampilan apiknya, Calvert-Lewin dipanggil masuk ke dalam Timnas Inggris. Calvert Lewin berpeluang tampil saat Inggris berjumpa Wales dalam laga uji coba, Jumat (09/10) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT

Mampukah Calvert-Lewin berpendar bersama Timnas Inggris?

Kalau di Timnas senior, Calvert-Lewin memang baru kali pertama dipanggil. Namun, di Inggris U-21 penyerang kelahiran Sheffield itu sudah membuat 17 kali penampilan. Calvert-Lewin juga sudah membukukan tujuh gol dalam 17 penampilan tersebut.
Akan tetapi, saingan Calvert-Lewin di Timnas Inggris kali ini cukuplah banyak. Selain dirinya, Gareth Southgate memanggil Tammy Abraham, Danny Ings, dan Harry Kane di lini serang. Keempatnya berebut satu tempat di lini depan Timnas Inggris.
Dengan pola 3-4-3 atau 4-3-3 yang biasa dimainkan, hanya satu tempat untuk seorang bertipe poacher atau target man di lini depan. Selebihnya, Southgate lebih suka memakai winger-winger yang lebih eksplosif.
Peluang Calvert-Lewin untuk tampil terbilang minim. Namun, bukannya tak mungkin apalagi Inggris akan menjalani uji coba. Biasanya, pelatih akan meramu pemain dan komposisi dalam laga tersebut.
Dominic Calvert-Lewin. Foto: AFP/KIM DOO-HO
Di sinilah Calvert-Lewin mungkin punya kesempatan main. Oke, dirinya memang tidak akan bermain dengan James atau Sigurdsson yang punya kemampuan umpan yang mumpuni.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, kemampuannya menempatkan posisi akan sangat penting. Winger-winger Inggris yang eksplosif ini bisa saja melakukan cut back atau umpan ke tengah. Dengan penempatan posisi yang apik, Calvert-Lewin bisa saja menghadirkan peluang atau gol untuk The Three Lions.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona